PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU WONDESHARE FILMORA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI KELAS VIII SMP/MTS

Alif, Mardiana (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU WONDESHARE FILMORA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI KELAS VIII SMP/MTS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
alif mardiana skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Salah satu kearifan lokal di Lumajang, yaitu musik gamelan yang
digunakan untuk mengiringi kesenian khas Lumajang seperti jaran kencak, jaran
slining, dan sebagainya, dapat dianalisis melalui kajian materi getaran,
gelombang, dan bunyi pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP. Oleh karena itu,
dikembangkanlah suatu video pembelajaran materi getaran, gelombang, dan bunyi
berbasis kearifan lokal Lumajang untuk mengenalkan budaya Lumajang kepada
peserta didik. Video pembelajaran tersebut dikembangkan menggunakan aplikasi
Wondershare Filmora.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan validitas video
pembelajaran berbantu Wondershare Filmora berbasis kearifan lokal pada materi
Getaran, Gelombang, dan Bunyi Kelas VIII SMP/MTS; (2) Mendeskripsikan
respons siswa terhadap pengembangan video pembelajaran berbantu Wondershare
Filmora berbasis kearifan lokal pada materi getaran, gelombang, dan bunyi Kelas
VIII SMP/MTS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model 4–D (Define, Design, Develop, dan
Disseminate) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Subjek
dalam penelitian ini terdiri dari dua dosen UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
sebagai validator ahli materi dan validator ahli media, satu guru IPA sebagai
validator praktis, serta uji respons yang dilakukan oleh 31 peserta didik.
Hasil validasi dari ahli media diperoleh presentase sebesar 95%,
presentase ahli materi diperoleh sebesar 95%, dan hasil presentase yang diperoleh
dari guru IPA sebesar 91%. Dari ketiga hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata
presentase nilai sebesar 94%. Berdasarkan hasil validasi, video pembelajaran
berbasis kearifan lokal dapat dinyatakan sangat valid. Hasil uji respons siswa
diperoleh presentase nilai sebesar 92%. Deskripsi respons siswa terhadap video
pembelajaran berbasis kearifan lokal telah dijelaskan dalam bentuk Wordcloud
dengan komentar terbanyak antara lain video menarik, mempermudah dalam
belajar, menambah wawasan tentang kearifan lokal Lumajang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Alif Mardiana Mardiana
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:15
Last Modified: 04 Jul 2022 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8294

Actions (login required)

View Item View Item