Musayrofah, naelatul (2019) Implementasi pembelajaran IPA terintegrasi keislaman di MTs Nurul Falah Maesan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
NaelatulMusayrofah_T201510023.pdf Download (4MB) |
Abstract
Naelatul Musayrofah, 2019 : Implemenntasi Pembelajaran IPA Terpadu
Teintegrasi Keislaman di MTs Nurul Falah Maesan.
Kata kunci : Implementasi; IPA Terpadu; Terintegrasi keislaman
Pembelajaran IPA terintegrasi keislaman adalah suatu pembelajaran yang
mengaitkan materi IPA dengan ayat-ayat Al-Qur’an atau hadis dengan tujuan
untuk menghasilkan peserta didik yang berilmu, beriman, serta beramal. MTs
Nurul Falah Maesan adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan
pembelajaran ini.
Fokus penelitian dalam penelitian ini ialah meliputi : 1). Bagaimana
perencanaan pembelajaran IPA terintegrasi keislaman di MTs Nurul Falah
Maesan 2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA terintegrasi keislaman di
MTs Nurul Falah Maesan 3). Bagaimana evaluasi pembelajaran IPA terintegrasi
keislaman di MTs Nurul Falah Maesan. Tujuan penelitian ini adalah 1).
Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPA terintegrasi keislaman di MTs
Nurul Falah Maesan 2). Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA
terintegrasi keislaman di MTs Nurul Falah Maesan 3). Mendeskripsikan evaluasi
pembelajaran IPA terintegrasi keislaman di MTs Nurul Falah Maesan.
Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatannya
menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sesuai dengan jenis penelitian tersebut
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive, sedangkan untuk
pengecakan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Kesimpulan hasil penelitian yang diperoleh dalam pembelajaran ini ialah
1). Perencanaan pembelajaran IPA terpadu terintegrasi keislaman ialah pertama
peran kepala madrasah sebagai pelopor penerjemah visi dan misi madrasah kedua
peran guru mata pelajaran. 2). Pelaksanaan pembelajaran IPA terintegrasi
keislaman ialah pertama selalu menyebut nama Allah kedua memasukkan nilai-
nilai keislaman dalam indikator pembelajaran ketiga penggunaan istilah-istilah
islami keempat mengintegrasikan teori dengan ayat atau hadis yang relevan. 3).
Evaluasi pembelajarn IPA terintegrasi keislaman ialah pertama evaluasi dari segi
pengetahuan kedua evaluais dari segi afektif ketiga evaluasi darisegi psikomotor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms naelatul musayrofah |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 04:12 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 04:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8347 |
Actions (login required)
View Item |