Ika Fatiyana Devi, - (2021) Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
IKA FATIYANA DEVI_084 141 481.pdf Download (17MB) |
Abstract
Ika Fatiyana Devi, 2021: Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Intenalisasi, Nilai-Nilai Agama Islam, Ekstrakurikuler Keagamaan. Pendidikan dijadikan sebagai tujuan utama dalam suatu negara karena pendidikan dianggap sebagai satu investasi jangka panjang yang berorientasi pada pembentukan kualitas manusia untuk masa depan negara. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang memiliki landasan akan pentingnya nilai-nilai agama Islam, maka dalam proses pembelajaran perlu adanya pemasukan mater-materi keagamaan melalui bentuk pengajaran di kelas maupun bentuk pengajaran yang ada di luar sekolah berupa bentuk kegiatan esktrakurikuler. Melihat beberapa dekade terakhir ada beberapa problematika yang dihadapi pendidikan di Indonesia saat ini menunjukkan paradigma yang memprihatinkan. Salah satu faktornya ialah mulai terabaikannya nilai-nilai khususnya agama Islam dalam proses pembelajaran dan mulai hilangnya karakter bangsa. Dengan diadakannya pembelajaran di luar kelas yang berupa ekstrakurikuler keagamaan diharapkan dengan dibumbuhi internalisasi nilai-nilai agama Islam didalamnya diharapkan hal tersebut dapat membantu menumbuhkan karakter baik dalam diri siswa. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses internalisasi nilai ibadah dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMK Negeri 5 Jember? 2) Bagaimana proses internalisasi nilai akhlak dalam pembentukan karakter siswa melalui kegiatan eksrakurikuler keagamaan di SMK Negeri 5 Jember Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai ibadah dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMK Negeri 5 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai akhlak dalam pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMK Negeri 5 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis studi kasus yang dilakukan di SMK Negeri 5 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) Proses internalisasi nilai ibadah melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan menggunakan dua acara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Untuk yang langsung bisa dengan memberi suatu contoh atau keteladanan yang baik dilakukan oleh seorang guru dan juga pembiasaan. Sedangkan yang tidak langsung melalui kegiatan pembelajaran didalam kelas dengan mata pelajaran keagamaan, bisa dilakukan dengan cara pengawasan, nasihat, dan teguran. 2) Proses nilai akhlak yang ditanamkan terhadap siswa di SMK Negeri 5 Jember tidak hanya kepada Allah, sesama manusia, melainkan juga terhadap lingkungan. Sebab agama Islam memandang lingkungan sebagai sebuah alam yang perlu dijaga dan dikelola dengan sebaik-baiknya dalam memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 06:58 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 06:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8391 |
Actions (login required)
View Item |