PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA TENTANG TRIPUSAT PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Taani, Rizka Qurot (2022) PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA TENTANG TRIPUSAT PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
RIZKA QUROT TAANI T20181188.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rizka Qurot Taani, 2022: Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Tripusat Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Kata Kunci : Pemikiran Ki Hajar Dewantara, Pendidikan Islam,Tripusat Pendidikan. Salah satu keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal (lingkungan), salah satu pemikiran Ki Hajar Dewantara ada tiga lingkungan yakni disebut dengan tripusat pendidikan yang dimaksud di sini adalah tiga lingkungan atau tempat dimana anak dapat hidup dan bergaul yang dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan anak, yakni: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan pemuda (masyarakat). Fokus kajian dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang tripusat pendidikan. 2) Bagaimana relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang tripusat pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini meliputi: 1) Mengetahui pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang tripusat Pendidikan. 2) Menganalisis relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang tripusat pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research), penelitian jenis kepustakaan bertitik tolak dari dokumen-dokumen, buku-buku, buku ilmiah, artikel, majalah dan lain-lain. Adapun teknik pengumpulan data menggunkan teknik kepustakaan dengan mengumpulkan data primer dan sekunder dengan metode dokumentasi yaitu data yang sudah terkumpul dijadikan dokumen dan diklasifikasikan sesuai dengan tema penelitian. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, 1) Tri Pusat Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara yaitu tiga pusat pendidikan dalam kehidupan anak, yaitu: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dalam mewujudkan pendidikan anak tidak cukup jika hanya dengan tenaga pendidik saja, tetapi suasana lingkungan juga memiliki pengaruh besar bagi berlangsungnya pendidikan. Perlu adanya kesadaran bagi setiap lingkungan tentang hak dan kewajibannya serta dibutuhkan kerjasama yang baik dalam perkembangan pendidikan dari ketiga lingkungan. 2) Relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang tripusat pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam yakni: keluarga dalam pendidikan Islam merupakan pendidikan pertama dan utama yang dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan anak. Dalam Islam yang bertanggung jawab atas perkembangan pendidikan anak dalam lingkungan keluarga adalah orangtua. Sekolah dalam pendidikan Islam yaitu lingkungan pendidikan kedua yang berkewajiban dalam memberikan ilmu pengetahuan, intelektual, dan budi pekerti anak, yang bertanggung jawab atas perkembangan pendidikan anak yakni seorang guru. Masyarakat dalam pendidikan Islam yaitu lingkungan ketiga setelah keluarga dan sekolah yang mana setiap anggota masyarakat memiliki tanggung jawab dalam pendidikan anak. Dalam ajaran Islam setiap anggota masyarakat memiliki tanggung jawab atas segala bentuk dalam setiap perbuatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Rizka Qurot Taani
Date Deposited: 04 Jul 2022 09:04
Last Modified: 04 Jul 2022 09:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8393

Actions (login required)

View Item View Item