Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Gemar Membaca Al- Qur'an Pada Siswa Tuna Netra Di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Patrang Jember

Abdillah, Meissy (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Gemar Membaca Al- Qur'an Pada Siswa Tuna Netra Di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Patrang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MEISSY WATERMAK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Meissy Abdillah, 2022, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menumbuhkan Gemar Membaca Al- Qur’an Pada Siswa Tuna Netra Di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Patrang Jember.
Pendidikan Agama Islam tidak hanya diberikan kepada anak yang memiliki kelengkapan fisik tetapi juga anak yang memiliki latar belakang berkebutuhan khusus, dalam proses belajar mengajar peran guru Pendidikan Agama Islam juga menumbuhkan gemar membaca Al- Qur’an pada siswa tuna netra karena nantinya siswa tuna netra juga bisa percaya diri untuk membaca Al- Qur’an, seperti salah satu lembaga yang berada di Jember yakni Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Patrang Jember yang berbeda karena memiliki siswa yang berkebutuhan khusus yaitu penyandang tuna netra.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar untuk menumbuhkan gemar membaca Al- Qur’an pada siswa tuna netra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Patrang Jember ?. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing untuk menumbuhkan gemar membaca Al- Qur’an pada siswa tuna netra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Patrang Jember ?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar untuk menumbuhkan gemar membaca Al- Qur’an pada siswa tuna netra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Patrang Jember. 2) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing menumbuhkan gemar membaca Al- Qur’an pada siswa tuna netra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Patrang Jember.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam proses perencanaan menyiapkan seperangkat mengajar serta adanya rapat dengan lembaga khususnya disabilitas tuna netra .Dalam pelaksanaan program ini disesuaikan dengan kurikulum 2013 yaitu dengan adanya pendahuluan, inti dan penutup diakhiri dengan adanya penarikan kesimpulan. Dalam segi evaluasi terdapat tiga aspek yaitu pengetahuan, keterampulan dan sikap. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing yaitu dengan memberikan informasi, mengatasi kesulitan belajar, mengenal dan memahami siswa. Dalam memberikan informasi guru menggunakan metode membaca bersama, ceramah untuk menjelaskan huruf hijaiyah. Mengatasi kesulitan belajar siswa guru menuntun bagaimana cara belajar meraba dengan benarserta selaras antara perabahan dengan yang diutarakan. Untuk mengenal dan memahami siswa menggunakan pendekatan fisik dan mengabsensi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Meissy Abdillah
Date Deposited: 04 Jul 2022 09:22
Last Modified: 04 Jul 2022 09:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8402

Actions (login required)

View Item View Item