Nazilatul Maulidiah, - (2021) Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematika dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII di MA Darul Karomah Wates Lekok Pasuruan. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
Nazilatul Maulidiah_T2017708.pdf Download (6MB) |
Abstract
Nazilatul Maulidiah, 2021 : Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematika dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII di MA Darul Karomah Wates Lekok Pasuruan. Kata Kunci : Komunikasi Matematika, Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematika yang merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Untuk lebih mendukung dan memaksimalkan prestasi belajar matematika siswa juga diperlukan faktor afektif salah satunya yaitu sikap kepercayaan diri. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) adakah pengaruh kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa, 2) adakah pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa, 3) adakah pengaruh kemampuan komunikasi matematika dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII di MA Darul Karomah Wates Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa, pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa, pengaruh kemampuan komunikasi matematika dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII di MA Darul Karomah Wates Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya assosiatif. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi, teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumen, tes dan angket. Data yang diperoleh, diolah dengan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) hasil uji statistik t pada variabel kemampuan komunikasi matematika diperoleh thitung sebesar = 2,865 lebih besar dari ttabel = 2,09302 pada taraf nyata 0,05 dengan nilai Sig. = 0,010 lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel kemampuan komunikasi matematika berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII di MA Darul Karomah Wates Lekok Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan besar pengaruh 70,8%, 2) hasil uji statistic t diperoleh thitung = 3,358 lebih besar dari ttabel = 2,09302 pada taraf nyata 0,05 dengan nilai Sig. = 0,003 lebih kecil dari 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII di MA Darul Karomah Wates Lekok Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan besar pengaruh 55,9%, 3) hasil uji F diperoleh nilai Fhitung = 42,657 lebih besar dari Ftabel = 3,493 pada taraf nyata = 0,05. Atau nilai sig.F = 0,000 yang lebih kecil dari taraf nyata = 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi matematika dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII di MA Darul Karomah Wates Lekok Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan besar pengaruh 66,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 06:57 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 06:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8405 |
Actions (login required)
View Item |