IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2021/2022

Jihan, Diyah Safitri (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
JIHAN DIYAH SAFITRI T20181273.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jihan Diyah Safitri, 2022: Implementasi Pendekatan Kontruktivistik dengan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022.

Kata Kunci: kontruktivistik, problem based learning, pembelajaran akidah akhlak

Pendekatan konstruktivistik merupakan pendekatan pembelajaran di mana individu menciptakan pemahaman mereka sendiri berdasarkan apa yang telah mereka ketahui, serta ide dan fenomena mereka berhubungan. Pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivistik dengan model problem based learning dalam pembelajaran akidah akhlak menuntut agar seorang guru mampu menciptakan pembelajaran sedemikian rupa sehingga peserta didik terlibat secara aktif pada proses pembelajaran dan interaksi sosial yang terjalin di dalam kelas dengan memperhatikan hal-hal mengenai pembentukan watak, tingkah laku, bahkan pendewasaan aspek-aspek kepribadian anak sesuai dengan ajaran agama Islam.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana implementasi pendekatan konstruktivistik dengan model problem based learning dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Banyuwangi? 2) apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan kontruktivistik dalam pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan implementasi pendekatan konstruktivistik dengan model problem based learning dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Banyuwangi 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan konstruktivistik dengan model problem based learning dalam pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research, penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Banyuwangi telah menerapkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan kontruktivistik model problem based learning, proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dilaksanakan sesuai tahapan pembelajaran 2) faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran yaitu fasilitas yang memadai menunjang pelaksanaan pembelajaran selain itu professional guru dalam mengajar serta peserta didik yang dapat mengikuti setiap tahap pembelajaran membantu dalam mensukseskan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan keaktifan peserta didik. Sedangkan faktor penghambat saat pembelajaran yaitu karakter peserta didik yang berbeda, peserta didik yang kurang aktif cenderung akan tertinggal dengan peserta didik lain yang aktif, serta alokasi waktu terpangkas karena pandemi sehingga guru sulit maksimal dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms JIHAN DIYAH SAFITRI
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:30
Last Modified: 05 Jul 2022 01:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item