Laila, Siti Nur (2022) Model Blended Learning pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX Excellent di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Nur Laila_T20181059.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Laila, Siti Nur. 2022. Model Blended Learning pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX Excellent di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN KH. Achmad Siddiq Jember, Dosen Pembimbing Arbain Nurdin, M.Pd.I.
Kata Kunci : model pembelajaran, blended learning, online, tatap muka, mata pelajaran fiqih
Dunia mengalami masalah yang besar yaitu munculnya virus covid-19 yang memakan banyak korban, sehingga melumpuhkan berbagai macam sektor, tidak terkecuali dunia pendidikan. Dengan adanya wabah seperti ini pemerintah memutuskan untuk menerapkan pembelajaran berbasis online (daring) yang serentak dilakukan di seluruh lembaga pendidikan Indonesia. Tidak maksimalnya pendidikan yang dilakukan secara daring, maka dari itu pemerintah memutuskan mencari solusi agar pembelajaran tersebut dapat berjalan maksimal yaitu dengan adanya model baru yaitu model blended learning. Hal ini tidak terkecuali MTs Zainul Hasan Balung yang menerapkan model blended larning.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian: (1) bagaimana penerapan model blended learning pada mata pelajaran fiqih kelas IX excellent di Mts Zainul Hasan Balung?, (2) bagaimana penerapan model blended learning dalam meningkatkan literasi informasi peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas IX excellent di Mts Zainul Hasan Balung?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model blended learning pada mata pelajaran fiqih kelas IX excellent di Mts Zainul Hasan Balung, (2) mendeskripsikan penerapan model blended learning dalam meningkatkan literasi informasi peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas IX excellent di Mts Zainul Hasan Balung.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fiqih, peserta didik kelas IX, kepala madrasah serta waka kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi non partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data condensation, data display, dan conclusion verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model blended learning pada mata pelajaran fiqih kelas IX excellent sudah terlaksana dimulai dari: (1) Perencanaan yang disusun oleh pendidik seperti perangkat pembelajaran, mengatur jadwal pembelajaran baik secara daring maupun tatap muka (luring), dan menentukan aplikasi yang akan digunakan, (2) Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan sintaks blended learning yaitu seeking of information, acquisition of information dan shyntesizing of knowledge. (3) Tahap evaluasi ini menggunakan penilaian, yang terdiri dari: (a) penilaian sikap menggunakan lembar observasi, (b) penilaian pengetahuan dilihat dari hasil penugasan, PTS dan PAS, serta (3) penilaian keterampilan dari praktik ketika tatap muka (luring). Peserta didik memiliki literasi yang cukup khususnya pada mata pelajaran fiqih hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik selama menggunakan model blended learning serta keaktifan peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, blended learning, online, tatap muka, mata pelajaran fiqih |
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss SITI NUR LAILA |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 01:59 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 01:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8444 |
Actions (login required)
View Item |