Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Himpunan Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN 3 Jember

Widiastuti, Anisa (2022) Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Himpunan Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANISA WIDIASTUTI_T20187078.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Anisa Widiastuti, 2022: Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Himpunan berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN 3 Jember.
Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Teori APOS, Himpunan, Gaya Belajar
Kemampuan komunikasi matematis peserta didik sangat penting dalam pembelajaran matematika yang dapat dianalisis menggunakan teori APOS, suatu topik yang dapat dianalisis dengan menggunakan teori APOS salah satunya materi himpunan.. Karakteristik peserta didik yang dikenal dengan gaya belajar juga dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi peserta didik dalam memahami permasalahan matematika. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian yang mengintegrasikan kemampuan komunikasi matematis, teori APOS, dan gaya belajar peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik berdasarkan kerangka kerja teori APOS pada materi himpunan.
Teknik pengambilan subyek dengan menggunakan purposive sampling, dengan banyaknya subyek penelitian yaitu 6 subyek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan konklusi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik bergaya belajar visual berdasarkan teori APOS SV1 untuk soal nomor 1 tidak memenuhi indikator pada tahap aksi, proses dan skema tetapi memenuhi indikator pada tahap objek. Untuk soal nomor 2 SV1 tidak memenuhi tahapan teori APOS yaitu aksi, proses, objek dan skema. SV2 untuk soal nomor 1 dan 2 tidak memenuhi indikator pada tahap aksi, proses dan skema tetapi memenuhi indikator pada tahap objek. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik bergaya belajar auditori berdasarkan teori APOS SA1 untuk soal nomor 1 memenuhi pada tahap proses, objek dan skema tetapi tidak memenuhi indikator pada tahap aksi. Untuk soal nomor 2 SA1 memenuhi tahap aksi, proses, objek dan skema. SA2 untuk soal nomor 1 dan 2 tidak memenuhi indikator pada tahap aksi, proses, objek dan skema. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik bergaya belajar kinestetik berdasarkan teori APOS SK1 untuk soal nomor 1 dan 2 tidak memenuhi tahapan teori APOS yaitu tahap aksi tetapi memenuhi indikator pada tahap proses, objek dan skema. SK2 untuk soal nomor 1 dan 2 tidak memenuhi indikator pada tahap aksi, proses dan skema tetapi memenuhi indikator pada tahap objek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Perpustakaan Uin khas jember
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:00
Last Modified: 05 Jul 2022 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8491

Actions (login required)

View Item View Item