RIF'AN LUBIS, 084111261 (2016) MOTIVASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMP NURIS JEMBER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
1 HALAMAN DEPAN RIF'AN.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
2 skripsi Revisi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rif’an Lubis, 2015: Motivasi Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam untuk Meningkatkan Perilaku Keagamaan Siswa di SMP Nuris Jember.
Pendidikan sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu bangsa.
Pendidikan yang maju dalam suatu bangsa akan menjadikan bangsa tersebut
maju, setidaknya berubah dari tingkat yang rendah menuju ketingkat yang lebih
tinggi atau lebih baik. Pada zaman sekarang motivasi belajar siswa mulai
menurun. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti mengambil judul “Motivasi
Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan
Perilaku Keagamaan Siswa di SMP Nuris Jember”.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana Motivasi Instrinsik Siswa dalam Mata
Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Shalat Fardhu Siswa di SMP Nuris Jember?
2) Bagaimana Motivasi Ekstrinsik Siswa dalam Mata Pelajaran PAI untuk
Meningkatkan Shalat Fardhu Siswa di SMP Nuris Jember? 3) Bagaimana
Motivasi Instrinsik Siswa dalam Mata Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Akhlak
Terpuji Siswa di SMP Nuris Jember? 4) Bagaimana Motivasi Ekstrinsik Siswa
dalam Mata Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa di SMP
Nuris Jember?. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Menganalisis Motivasi
Instrinsik Siswa dalam Mata Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Shalat Fardhu
Siswa di SMP Nuris Jember? 2) Menganalisis Motivasi Ekstrinsik Siswa dalam
Mata Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Shalat Fardhu Siswa di SMP Nuris
Jember? 3) Mendeskripsikan Motivasi Instrinsik Siswa dalam Mata Pelajaran
PAI untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa di SMP Nuris Jember? 4)
Mendeskripsikan Motivasi Ekstrinsik Siswa dalam Mata Pelajaran PAI untuk
Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa di SMP Nuris Jember?
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan
dokumenter terhadap data-data yang diperlukan. Metode analisis data dengan
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang mempunyai langkahlangkah
yaitu
reduksi
data,
penyajian
data,
penarikan
kesimpulan
serta
keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1)
Motivasi instrinsik siswa dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan shalat
fardhu siswa akan timbullah rasa tanggung jawab serta rasa kesadaran yang tinggi
dalam dirinya untuk mentaati perintah Allah SWT. 2) Motivasi ekstrinsik siswa
dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan shalat fardhu siswa menjadikan
siswa lebih giat untuk melaksanakan shalat fardhu dan menumbuhkan rasa
keimanan. 3) Motivasi instrinsik siswa dalam mata pelajaran PAI untuk
meningkatkan akhlak terpuji siswa yaitu dengan memahami dan mempelajari
mata pelajaran PAI secara tidak langsung akan timbul dorongan dalam dirinya
untuk menjadi lebih baik dalam berperilaku seperti sopan santun dan tutur kata
yang baik. 4) Motivasi ekstrinsik siswa dalam mata pelajaran PAI untuk
meningkatkan akhlak terpuji siswa yaitu guru yang harus memberikan contoh
dalam bertutur kata yang baik kepada orang tua dan guru
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 02:15 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 02:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/86 |
Actions (login required)
View Item |