Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Bait Al-Māl Wa Al-Tamwīl (BMT) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Anggota Tabungan dalam perspektif Islam pada Bait Al-Māl Wa Al-Tamwīl (BMT) di Kabupaten Bondowoso

Mahmudi, Mahmudi (2022) Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Bait Al-Māl Wa Al-Tamwīl (BMT) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Anggota Tabungan dalam perspektif Islam pada Bait Al-Māl Wa Al-Tamwīl (BMT) di Kabupaten Bondowoso. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAHMUDI_0839218019.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Mahmudi 2022: Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Bait Al-Māl Wa Al-Tamwīl (BMT) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Anggota Tabungan dalam perspektif Islam pada Bait Al-Māl Wa Al-Tamwīl (BMT) di Kabupaten Bondowoso. Tesis. Program Studi Ekonomi Syari`ah Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Imam Suroso, SE, M.Si. Pembimbing II: Dr. H. Misbahul Munir. MM.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Citra, Kepuasan, Loyalitas, Anggota Tabungan, Bait Al-Māl Wa Al-Tamwīl (BMT).
- Bait al-Māl Wa at-Tamwīl (BMT) adalah lembaga keuangan mikro syariah yang mengembangkan prinsip, operasional dan produknya dalam melayani pembiayaan dan simpanan bagi masyarakat berdasarkan atas nilai-nilai yang sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN). BMT dituntut untuk menggunakan berbagai metode dalam memberikan pelayanan dan citra dalam perspektif Islam kepada anggotanya sehingga harapan dan kebutuhan mereka bisa dipenuhi. Penelitian ini merupakan explanatory research atau confirmatory research yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal yaitu pengaruh signifikan variabel Kualitas Layanan (X1) dan Citra (X2) terhadap variabel Kepuasan (Z) dan Loyalitas (Y) anggota tabungan dalam perspektif Islam pada tiga BMT yang beroperasi di Kabupaten Bondowoso melalui uji hipotesis dan penjelasan dengan menggunakan statistik inferensial.
- Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Nonpobability Sampling yaitu terdiri dari Purposive Sampling yang digunakan terhadap 120 responden. Kemudian, teknik pengambilan data di dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan 5 dimensi yang akan dianalisis menggunakan metode uji validitas, uji reabilitas dan uji statistik deskriptif yang dikembangkan menggunakan Path Analisis (Analisis Jalur) dan Triming Theory. Uji hipotesis menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS 22) for Windows.
- Hasil Analisis menunjukkan bahwa pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Anggota Tabungan adalah signifikan dengan koefisien jalur pengaruh langsung (beta standardize) 0,374 dengan p-valuenya sebesar 0.000. Pengaruh Citra terhadap Kepuasan Anggota Tabungan adalah signifikan dengan koefisien jalur pengaruh langsung (beta standardize) 0,510 dengan p-valuenya sebesar 0.000. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Anggota Tabungan adalah signifikan dengan koefisien jalur pengaruh langsung (beta standardize) 0,347 dengan p-valuenya sebesar 0.001. Pengaruh Citra terhadap Loyalitas Anggota Tabungan adalah signifikan dengan koefisien jalur pengaruh langsung (beta standardize) 0,202 dengan p-valuenya sebesar 0.043. Pengaruh Kepuasan Anggota Tabungan terhadap Loyalitas Anggota Tabungan adalah signifikan dengan koefisien jalur pengaruh langsung (beta standardize) 0,373 dengan p-valuenya sebesar 0.000.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Mahmudi -
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:55
Last Modified: 11 Jul 2022 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8657

Actions (login required)

View Item View Item