Istiqomah, Mar'atul (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Konvergen Dan Divergen Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Di MTs Al-Falah Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Mar’atul Istiqomah_T20187095.pdf Download (6MB) |
Abstract
Mar’atul Istiqomah, 2022: Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau Dari kemampuan berfikir Konvergen dan Divergen Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Di Kelas VIII Mts Al-Falah Ajung Jember.
Kesulitan belajar matematika adalah faktor utama yang menjadi hambatan yang dialami siswa dalam mengikuti pembelajaran terutama pembelajaran matematika, hal ini sama-sama dialami siswa yang berkemampuan berfikir konvergen maupun siswa yang berkemampuan berfikir divergen. Kesulitan belajar dialami siswa dkelas VIII di MTs Al-Falah Ajung Jember, berdasarkan pra observasi yang dilakukan siswa mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran matematika terutama pada materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi siswa yang memiliki kemampuan berfikir konvergen pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di Mts Al-Falah Ajung Jember. 2) Mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi siswa yang memiliki kemampuan berfikir divergen pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di Mts Al-Falah Ajung Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui : 1) Angket untuk menentukan subyek kemampuan berfikir konvergen dan divergen siswa, 2) Tes kesulitan belajar matematika siswa, 3) Observasi, 4) Wawancara. Analisis data pada penelitian ini yaitu : 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, dan 3) Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kesulitan yang dialami siwa yang memiliki kemampuan berfikir konvergen pada materi bangun ruang sisi datar adalah pada subyek konvergen pertama siswa mengalami kesulitan gangguan hubungan keruangan, kesulitan abnormalitas persepsi visual, dan kesulitan kesulitan mengenal dan memahami symbol. Pada subyek konvergen kedua siswa mengalami kesulitan abnormalitas persepsi visual, kesulitan mengenal dan memahami symbol dan kesulitan dalam bahasa dan membaca. 2) Kesulitan yang dialami siwa yang memiliki kemampuan berfikir divergen pada materi bangun ruang sisi datar adalah pada subyek divergen pertama siswa mengalami kesulitan gangguan hubungan keruangan, kesulitan mengenal dan memahami symbol dan kesulitan dalam bahasa dan membaca. Pada subyek divergen kedua siswa mengalami kesulitan gangguan hubungan keruangan, kesulitan abnormalitas persepsi visual, dan kesulitan dalam bahasa dan membaca.
Kata kunci : Kesulitan Belajar Siswa, kemampuan berfikir Konvergen dan Divergen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010204 Dynamical Systems in Applications 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mar'atul Istiqomah |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 08:09 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 08:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8665 |
Actions (login required)
View Item |