Fawaid Arafat, - (2021) Pengunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII Mts Asy Syukriyah Baratan Patrang Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
FAWAID ARAFAT_T20171044.pdf Download (9MB) |
Abstract
Fawaid Arafat, 2021: Pengunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII Mts Asy Syukriyah Baratan Patrang Jember Kata kunci : Mind Mapping dan Pembelajaran Fiqih Model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping merupakan alat berpikir kreatif yang mencerminkan cara kerja otak secara alami yang dikerjakan secara berkelompok. Model pembelajaran ini dirancang untuk mendidik kerjasama kelompok dan interaksi antar siswa. Mts Asy Syukriyah merupakan sekolah yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind mapping pada materi pembelajaran fiqih kelas VII. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana tujuan pengunaan mind mapping dalam pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Asy Syukriyah Baratan Patrang Jember? (2) Bagaimana materi pembelajaran fiqih dengan penggunaan mind mapping di kelas VII MTs Asy Syukriyah Baratan Patrang Jember? (3) Bagaimana langkah-langkah penggunaan mind mapping dalam pembelajaran fiqih kelas VII MTs Asy Syukriyah Baratan Patrang Jember (4) Bagaimana evaluasi penggunaan mind mapping dalam pembelajaran fiqih Kelas VII MTs Asy Syukriyah Baratan Patrang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitiannya meliputi tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan lapangan dan tahap analisis data lapangan. Peneliti ini memperoleh kesimpulan (1) Tujuan pembelajaran fiqih dengan mind mapping , yakni aktif, kreatif, dan kritis ; (2) Materi yang digunakan dalam pembelajaran adalah Taharah materi, hadas dan najis, wudhu, mandi besar, tayamum dan macam-macam air untuk bersuci.; (3) Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari enam yakni, menjelaskan materi, siswa menemukan solusi dari materi, membuat kelompok, diskusi antar teman, persentase tiap kelompok dan guru menyimpulkan (4) menggunakan evaluasi formatif. Pada evaluasi proses menggunakan penilaian bentuk uraian dan objektif, non tes menggunakan penilaian sikap dan observasi, serta pada evalusi hasil menyatakan penggunaan mind mapping dalam pembelajaran fiqih berjalan lancar dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 02:07 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 02:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8668 |
Actions (login required)
View Item |