Implementasi Pembelajaran PAI Melalui Aplikasi Edmodo dan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Arjasa Jember.

Shabrina Nur Kummala, - (2021) Implementasi Pembelajaran PAI Melalui Aplikasi Edmodo dan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Arjasa Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Shabrina Nur Kummala_T20171379.pdf

Download (5MB)

Abstract

Shabrina Nur Kummala, 2021 : Implementasi Pembelajaran PAI Melalui Aplikasi Edmodo dan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Arjasa Jember. Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Edmodo, Google Classroom Dunia pendidikan di Indonesia sedang dihadapkan dengan persoalan adanya pandemi covid-19. Pembelajaran daring merupakan solusi agar proses pembelajaran di dunia pendidikan tetap dapat dilaksanakan pada masa pandemi covid-19. Namun hal ini tidak lepas dari problematika yang dihadapi pendidik dan peserta didik yang terlibat dalam proses tersebut. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi edmodo dan google classroom pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri Arjasa Jember? (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran melalui aplikasi edmodo dan google classroom pada masa pandemi covid-19 dan bagaimana solusi untuk mengatasinya? Tujuan dari penelitian ini (1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi edmodo dan google classroom di SMA Negeri Arjasa Jember. (2) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dan solusi untuk mengatasinya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi lapang. Lokasi penelitian di SMA Negeri Arjasa Jember. Pengambilan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil analisis, implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Edmodo dan Google classroom pada masa pandemi covid19 di SMA Negeri Arjasa Jember adalah (1) Diawali dengan guru mempersiapkan media pembelajaran berupa ruang kelas daring di aplikasi Edmodo atau Google classroom, dan mempersiapkan sumber belajar. Dilanjutkan dengan guru menyampaikan materi berupa file PDF, link youtube/blog atau power point yang sudah diunggah, dan menggunakan metode pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan teknis pembelajaran daring. (2) Kendala yang dihadapi yaitu: peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, solusinya guru melakukan kunjungan ke rumah peserta didik yang bermasalah dan melaksanakan pembinaan; peserta didik kurang memahami materi, solusinya peserta didik harus lebih aktif dan mandiri dalam kegiatan belajar, dan guru tetap memantau. Guru juga dapat memanfaatkan Google meet utuk diskusi atau tanya-jawab. Ketiga, jaringan dan kuota internet peserta didik yang kurang stabil atau tidak tersedia, solusinya bisa dengan memanfaatkan fasilitas Wi-Fi sekolah atau menemui guru pada jadwal WFO guru. Selain itu guru juga dapat memanfaatkan aplikasi yang mudah diakses peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:06
Last Modified: 05 Jul 2022 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8669

Actions (login required)

View Item View Item