Nur Kholifah, - (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri Pada Materi Bangun Datar Kelas VII MTs Zainul Hasan 1 Genggong. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
Nur Kholifah_T20177006.pdf Download (28MB) |
Abstract
Nur Kholifah, 2021: Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri Pada Materi Bangun Datar Kelas VII MTs Zainul Hasan 1 Genggong Kata Kunci: Modul, Berbasis Etnomatematika, Metode Inkuiri, Materi Bangun Datar Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik sesuai tingkat pengetahuan dan usia, agar peserta didik dapat belajar secara mandiri dengan bantuan atau bimbingan minimal dari pendidik. Modul ini dikembangkan dengan berbasis Etnomatematika dalam menumbuhkan penalaran siswa pada materi bangun datar sesuai dengan kurikulum yakni 2013. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri pada kelas VII MTs Zainul Hasan 1 Genggong; 2) untuk mengetahui bagaimana respon guru dan siswa terhadap pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model tahapan ADDIE yaitu (1) Analisys (Analisa), (2) Design (Desain/ Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi/Eksekusi), (5) Evaluasi (Evaluasi / Umpan Balik). Hasil dari proses pengembangan dilakukan dengan 3 tahapan yaitu; (1) Analisys (analisa) pada tahap ini terdapat analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, dan analisi etnomatematika (2) Design (Desain/ Perancangan) pada tahap ini terdapat pemilihan format dan rancangan awal bahan ajar (3) Development (pengembangan) pada tahap ini terdapat validasi ahli dan revisi produk. Penelitian ini hanya sampai Development (Pengembangan) dikarenakan pandemi covid-19, sehingga siswa melaksanakan sekolah pembelajaran tatap muka namun pembelajaran secara daring. Jadi penelitian ini yang awalnya ada 5 tahapan yaitu ADDIE menjadi 3 tahapan yaitu ADD. Hasil kevalidan yang dilakukan oleh 3 validator, yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli pendidikan matematika. Hasil yang diperoleh dari ahli materi yakni dengan skor 95,2%, ahli desain 76,47%, dan ahli pendidikan matematika 84 %. Dari analisis kevalidan menunjukkan rata-rata keseluruhan 85,25% dengan kriteria sangat baik dan dapat digunakan namun dengan perbaikan kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 04:08 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 04:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8681 |
Actions (login required)
View Item |