Hibatullah, Mochammad Rizal Agus (2022) Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Choliq Jember pada Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
T20183151 SKRIPSI RIZAL WATERMARK.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mochammad Rizal Agus Hibatullah, 2022. Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Choliq Jember pada Tahun Ajaran 2021-2022.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an, Pembentukan Karakter
Manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur’an adalah serangkaian proses pengelolaan dan upaya kepemimpinan dari pengajar atau guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai atau mengevaluasi suatu pembelajaran Tahfidzul Qur’an kepada siswa dengan berbagai komponen dan sumber daya yang ada dalam menunjang proses belajar santri secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Choliq Jember pada tahun ajaran 2021-2022? 2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Choliq Jember pada tahun ajaran 2021-2022? 3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Choliq Jember pada tahun ajaran 2021-2022?
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Choliq Jember pada tahun ajaran 2021-2022 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Choliq Jember pada tahun ajaran 2021-2022 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Tahfidzul Qur'an dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Choliq Jember pada tahun ajaran 2021-2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1) Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangukasi teknik.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam pembentukan karakter santri dilakukan oleh pimpinan dan para asatidz berupa rapat awal semester, awal bulan, rencana pembelajaran harian yang dilakukan oleh masih-masing asatidz dan penyusunan program pembelajaran ke depan setiap bulannya yang mengacu pada visi dan misi pesantren. Serta terdapat metode dan materi ketika hendak melaksanakan pembelajarannya dalam satu bulan ke depan. Adanya media pembelajaran, meliputi papan tulis, sound system, meja, buku raport hafalan, dan buku penilaian hafalan. 2) Pelaksanaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an dipegang dan dibimbing langsung oleh ustadznya masing-masing. Dalam pembelajarannya dilaksanakan sehari dua kali dengan target satu bulan satu juz dan diadakannya persiapan setoran yang dikawal oleh pengurus. Metode yang Tahfidzul Qur’an berupa metode setoran dan talaqqi yang dilakukan oleh santri di Musholla dan ruang serba guna. Dan menggunakan metode tasmi’ seminggu sekali pada hari Sabtu malam Minggu. Dalam pembentukan karakter santri akan dipantau terus menerus, serta sesekali pimpinan dan para asatidz memberikan kajian dan nasehat tentang karakter yang baik bagi penghafal Al-Qur’an, serta bagaimana bisa cepat dalam menghafal Al-Qur’an. Upaya pembentukan karakter santri juga ada prosesi hukuman pelanggaran kedisiplinan bagi santri yang melanggar dihadapan semua santri setiap malam. 3) Evaluasi pembelajaran Tahfidzul Qur’an dalam pembentukan karakter santri terdapat 2 bahan evaluasi, yakni evaluasi proses terkait dengan kinerja para asatidz dalam mengelola pembelajaran Tahfidzul Qur’an dan evaluasi terkait kendala-kendala santri dalam menghafal. Evaluasi hasil terkait target pencaipan para santri berupa hafalan oleh asatidz, diadakannya ujian Tahfidz Bulanan dan ujian Tasmi’ semesteran, serta pembentukan karakter dengan melihat jumlah pelanggaran santri setiap harinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Mochammad Rizal Agus Hibatullah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 01:52 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 01:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8707 |
Actions (login required)
View Item |