Assaffanah, Zaharo (2022) Implementasi program sholat dhuha dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
ZAHARO ASSAFFANAH_T20181138.pdf Download (3MB) |
Abstract
Salah satu tanggung jawab yang diemban oleh madrasah dalam pendidikan adalah mendidik peserta didik dengan akhlak yang mulia yang jauh dari kejahatan dan kehinaan. Seorang anak memerlukan pendalaman dan nilai-nilai norma dan akhlak ke dalam jiwa mereka. Salah satu usaha untuk menyehatkan jiwa keagamaan yaitu dengan melaksanakan shalat. Pengaruh shalat khususnya shalat dhuha yang dikerjakan secara rutin akan membawa pengaruh terhadap kecerdasan spiritual dan kepribadian yang dimiliki oleh peserta didik. MTs Negeri 2 Jember adalah salah satu sekolah yang melaksanakan program sholat dhuha.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi program shalat dhuha dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi program shalat dhuha dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangan kecerdasan spiritual peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari 3 tahap yaitu: Kondensasi Data, Penyajian Data, Penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan: Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber.
Hasil penelitian memiliki kesimpulan akhir: 1) Implementasi Program Sholat Dhuha dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di MTs Negeri 2 Jember terdiri dari Pelaksanaan Sholat Dhuha, Pembinaan Sholat Dhuha, Pengawasan Sholat Dhuha, Tujuan Pelaksanaan Sholat Dhuha. 2) Faktor pendukung dari luar (eksternal) yaitu Adanya fasilitas yang memadahi. (internal) yaitu Faktor dari kerjasama yang baik dari guru itu sendiri yaitu didukung dengan keilmuan yang dimiliki oleh setiap guru pembimbing, dan siswa itu sendiri. Faktor penghambatnya adalah Masih ada peserta didik yang melanggar tata tertib dalam melaksanakan sholat dhuha di MTsN 2 Jember. Kurangnya sarana dan prasarana yang kurang memadahi yakni, tempat sholat (Musholla) yang masih sempit sehingga peserta melaksanakan sholat dhuha secara terpisah.
sholat dhuha; kecerdasan spiritual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zaharo Assaffanah |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 03:03 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 03:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8712 |
Actions (login required)
View Item |