Harisatul, Aliyah (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Kelas XI IPA MA Ma'arif Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
HARISATUL ALIYAH_SKRIPSI WATERMARK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat penting dimiliki untuk
menyelesaikan soal matematika, baik bagi siswa yang memiliki (Adversity
Quotient) AQ kategori quitter, camper, dan climber.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari Adversity
Quotient (AQ) kategori quitter. 2) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari Adversity Quotient
(AQ) kategori camper. 3) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari Adversity Quotient (AQ)
kategori climber.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif dan teknik pengumpulan data: 1) Angket Adversity Response Profile
(ARP); 2) Tes pemecahan masalah; 3) Wawancara, dan 4) Dokumentasi. Dalam
penelitian ini menggunakan 3 subjek, pemilihan subjek dengan menggunakan
metode purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini yaitu: 1) Reduksi
Data; 2) Penyajian data; dan 3) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada
penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Siswa dengan kategori Adversity Quotient (AQ) quitter dengan kode
subjek S1 kemampuan pemecahan masalah matematisnya hanya mampu
memenuhi indikator memahami masalah saja. Subjek S1 pada indikator
memahami masalah memperoleh skor 4, pada indikator merencanakan pemecahan
masalah memperoleh skor 2, pada indikator melaksanakan pemecahan masalah
memperoleh skor 1, sedangkan pada indikator memeriksa kembali memperoleh
skor 0. Siswa dengan kategori Adversity Quotient (AQ) camper dengan kode
subjek S2 kemampuan pemecahan masalah matematisnya mampu memenuhi
indikator memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah. Subjek S2
pada indikator memahami masalah memperoleh skor 4, pada indikator
merencanakan pemecahan masalah memperoleh skor 3, pada indikator
melaksanakan pemecahan masalah memperoleh skor 2, sedangkan pada indikator
memeriksa kembali memperoleh skor 2. Sedangkan siswa dengan kategori
Adversity Quotient (AQ) climber dengan kode subjek S3 kemampuan pemecahan
masalah matematisnya mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah
polya, yakni memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah,
melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Subjek S3 paada taha
memeriksa kembali memperoleh skor 4, pada indikator merencanakan pemecahan
masalah memperoleh skor 4, pada indikator melaksanakan pemecahan masalah
memperoleh skor 4, sedangkan pada indikator memeriksa kembali memperoleh
skor 4.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Adversity Quotient (AQ)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Depositing User: | Nona Harisatul Aliyah |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 07:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 07:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8728 |
Actions (login required)
View Item |