Nur Azizah, - (2021) Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Kalisat. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Nur Azizah_T20171126.pdf Download (7MB) |
Abstract
Nur Azizah, 2021: Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Kalisat. Kata Kunci: Pendidikan Profetik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendidikan di Indonesia cenderung lebih menekankan pada aspek kognitif dan psikomotorik sehingga kurang dalam implementasi aspek afektif. Apalagi di lembaga pendidikan umum yang minim dalam masalah pendidikan akhlak, dikarenakan pembelajaran pendidikan Agama Islam hanya 3 jam saja dalam satu minggu. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya penanaman pendidikan akhlak sehingga terjadi krisis identitas seperti lunturnya sikap kejujuran, kesopanan, yang memunculkan berbagai masalah seperti kenakalan remaja, kurangnya sikap hormat kepada guru dan orang tua, bullying dan lain sebagaimya. Berangkat dari keprihatinan penulis terhadap krisis moral yang terjadi maka perlu adanya pendidikan akhlak atau pendidikan profetik untuk mendukung dan menunjang dari pendidikan Agama Islam. pendidikan profetik adalah pendidikan kenabian yang berlandaskan ajaran Nabi Muhammad SAW dimana Nabi Muhammad adalah pendidik yang paling berhasil dalam misinya dan menjadi suri tauladan bagi sekalian alam. Di SMP Negeri 1 Kalisat ada upaya dalam menumbuhkembangkan pendidikan keagamaan Islam terhadap peserta didiknya sesuai yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Fokus penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Profetik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat?. (2) Bagaimana Evaluasi Pendidikan Profetik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Profetik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat. (2) Mendeskripsikan Evaluasi Pendidikan Profetik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif model Miles dan Huberman dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan profetik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam tidak terlepas dari peran penting seorang guru dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, penanaman kedisiplinan, tanya jawab, diskusi, dan praktik, (2) Evaluasi pendidikan profetik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya mengukur dan menilai pemahaman, kemampuan dan keterampilan tetapi juga mengukur dan menilai sikap dari peserta didik. Dalam menilai dan mengukur pengetahuan, sikap dan keterampilan guru menggunakan cara tes dan non tes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 03:35 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 03:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8816 |
Actions (login required)
View Item |