Implementasi Trilogi Santri Dalam Membentuk Karakter Siswi Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo

Risma Mufidatul Adamia, - (2021) Implementasi Trilogi Santri Dalam Membentuk Karakter Siswi Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
RISMA MUFIDATUL ADAMIA_T20171002.pdf

Download (7MB)

Abstract

Risma Mufidatul Adamia, 2021: Implementasi Trilogi Santri Dalam Membentuk Karakter Siswi Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo Kata Kunci: Trilogi Santri, Karakter Ada banyak pesantren di Indonesia baik salafiyah maupun khalafiyah yang telah memberikan kontribusi dalam proses pencerdasan bangsa. Satu diantaranya yaitu Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Seluruh kehidupan pesantren terpatri pada nilai-nilai yang dijiwai oleh suasana-suasana yang dapat disimpulkan dalam Trilogi Santri. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan implementasi trilogi santri dalam membentuk karakter siswi kelas X di MAN 1 Putri Probolinggo, (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi trilogi santri dalam membentuk karakter siswi kelas X di MAN 1 Putri Probolinggo, (3) Bagaimana evaluasi implementasi trilogi santri dalam membentuk karakter siswi kelas X di MAN 1 Putri Probolinggo. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan trilogi santri dalam membentuk karakter siswi kelas X di MAN 1 Putri Probolinggo, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan trilogi santri dalam membentuk karakter siswi kelas X di MAN 1 Putri Probolinggo, (3) untuk mendeskripsikan evaluasi trilogi santri dalam membentuk karakter siswi kelas X di MAN 1 Putri Probolinggo. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga metode yakni, wawancara semiterstruktur, observasi semipartisipan dan studi dokumen. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari implementasi trilogi santri dalam membentuk karakter siswi kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo, yaitu (1) Perencanaan trilogi santri diawali dengan mempersiapkan perencanaan kegiatan trilogi santri dalam furudul ainiyah, Perencanaan dalam bentuk jadwal mingguan dan perencanaan tujuan. (2) Pelaksanaan trilogi santri, yang pertama pelaksanaannya melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah, puasa sunnah senin kamis dan zakat. Ke dua pelaksanaannya dengan cara mentaati peraturan yang di susun oleh lembaga dan pesantren. Ke tiga pelaksanaannya tunduk apa yang diperintahkan oleh Allah, budi pekerti dan saling menghormati. (3) Evaluasi trilogi santri yaitu karakter religius, karakter toleransi, karakter disiplin, karakter peduli sosial dan karakter tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:35
Last Modified: 06 Jul 2022 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item