Dini Firnani Rahma, - (2021) Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran PAI di SMKN 2 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
DINI FIRNANI RAHMA_T20171075.pdf Download (6MB) |
Abstract
Dini Firnani Rahma, 2021: Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran PAI di SMKN 2 Jember. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, budaya dan lain sebagainya. Multikultural membicarakan tentang masyarakatnegara, bangsa, daerah, bahkan lokasi geografis terbatas seperti kota atau sekolah yang terdiri dari orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Melalui internalisasi nilai-nilai multikultural ini masyarakat dikenalkan tentang keragaman di Indonesia. Internalisasi nilai-nilai multikultural ingin memberikan penanaman kepada peserta didik melalui pembelajaran di sekolah termasuk pembelajaran PAI yang di dalamnya juga mengajarkan cara menghargai keramagaman. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI? 2) Bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses internalisasi nilainilaimultikultural dalam pembelajaran PAI. 2) Mendeskripsikan hasil internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman dengan langkah-langkah Pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi metode, sumber dan teori. Adapun hasil penelitian ini yaitu : 1) Proses internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI dilakukan dengan berbagai cara yaitu pemberian materi yang berkaitan dengan pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI seperti Ukhuwah Islamiyah, ibadah dan lain sebagainya. Guru juga memberikan nasehat dan teladan kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari dan melalui kegiatan religi/sosial yang melibatkan semua siswa baik siswa muslim maupun siswa non muslim sehingga terjalin kerjasama. Adapun faktor dari proses internalisasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI yaitu fasilitas masjid yang sudah ada dan waktu kegiatan yang diberikan kepadan siswa sesuai dengan jadwalnya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya fasilitas terutama untuk non muslim. 2) Hasil internalisasi nilai-nilai multukultural dalam pembelajaran PAI yaitu siswa muslim maupun non muslim yang berbeda agama, ras atau suku saling menghargai dan bekerja sama satu sama lain tanpa adanya rasa membeda-bedakan. Siswa non muslim yang memilih mengikuti proses pembelajaran PAI mendapatkan ilmu-ilmu PAI yang lain juga tentang nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI. Kata Kunci: Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 03:34 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 03:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8828 |
Actions (login required)
View Item |