Manajemen kearsipan dalam peningkatan mutu layanan administrasi di MTsN 2 Bondowoso.

Achmad Musthofarizal Assaidi, - (2021) Manajemen kearsipan dalam peningkatan mutu layanan administrasi di MTsN 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
Achmad Musthofarizal Assaidi_T20173014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Achmad Musthofarizal Assaidi, 2021. Manajemen kearsipan dalam peningkatan mutu layanan administrasi di MTsN 2 Bondowoso. Kata Kunci: manajemen kearsipan, mutu layanan administrasi di MTsN 2 Bondowoso Sistem pengelolaan arsip memegang peranan penting bagi jalannya suatu organisasi untuk memberikan pelayanan yang prima. Layanan arsip harus akurat, relevan dan tepat guna. Penyediaan layanan arsip merupakan suatu proses dalam memberikan informasi yang menjembatani pengguna sebagai pihak yang membutuhkan informasi dengan arsiparis selaku pihak yang memberikan informasi, sehingga dapat dikatakan pengguna dan arsiparis merupakan elemen yang saling memilikiketergantungan dan diharapkan selama proses pelayanan dapat terjadi sismbiosis mutualisme (hubungan yang saling menguntukan) antara lembaga kearsipan dengan pengguna. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pengadaan arsip di MTsN 2 Bondowoso? 2) Bagaimana penggunaan arsip di MTsN 2 Bondowoso? 3) Bagaimana pemeliharaan arsip di MTsN 2 Bondowoso? 4) Bagaimana penyusutan arsip di MTsN 2 Bondowoso? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkahlangkah: 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) kesimpulan, penarikan/verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) pelayanan surat masuk dan keluar di MTsN 2 Bondowoso dilakukan dengan melakukan pencatatan di buku agenda, kemudian diteruskan kepada kepala madrasah untuk di distribusikan kepada yang akan bertugas. Dan terakhir adalah langkah penyimpanan yaitu dengan menyeleksi terlebih dahulu mana dokumen yang perlu disimpan dan yang tidak perlu disimpan. 2) penggunaan arsip dimulai dari pemberian layanan. Sementara dari petugas nanti akan meneliti arsip yang akan dicari atau yang diminta, dilanjutkan mengisi bon peminjaman, kemudian mencari arsip ke filling kabinet sesuai dengan kode arsip, lalu setelah ditemukan tempatkan out guide atau out sheet ditempat arsip yang diambil sebagai tanda bahwa arsip tersebut sedang di pinjam atau di gunakan. Arsip digunakan sebagai sumber informasi, bahan dasar pengambilan keputusan, serta sebagai bukti otentik pelaksanaan kegiatan dan alat ukur penilaian lembaga saat akreditasi 3) Pemeliharaan arsip di MTsN 2 Bondowoso dilakukan dengan upaya menjaga dan merawat dari segi sarana penyimpanan agar terhindar dari kebocoran agar arsip tetap aman saat musim hujan. Selain itu juga menjauhkan arsip dari musuh kertas sepeti rayap, debu, api, air, lumut dan musuh kertas lainnya. 4) Pelaksaan kearsipan di MTsN 2 Bondowoso belum pernah melakukan melakukan aktifitas penyusutan arsip yakni pemindahan, penyerahan, dan pemusnahan. semua dokumen penting yang di arsipkan masih disimpan hingga saat ini seperti nilai-nilai siswa maupun dokumen lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:34
Last Modified: 06 Jul 2022 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8831

Actions (login required)

View Item View Item