Azrina, Nuril (2022) Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI IPA di MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nuril Azrina_T20188101.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nuril Azrina, 2022: Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI IPA di MAN 2 Jember.
Kata Kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan
Pendidikan pada abad ke-21 berbeda dengan pendidikan pada dekade sebelumnya. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan bahwa salah satu kemampuan yang perlu dibekali pada peserta didik di abad 21 yaitu keterampilan berpikir kritis. Sedangkan menurut data dari TIMSS dan PISA diketahui bahwa paparan kedua lembaga survey internasional tersebut memberikan sebuah gambaran dan simpulan bahwa berpikir kritis peserta didik secara umum masih berada pada taraf yang rendah. Peserta didik masih belum mampu menyelesaikan soal-soal yang dituntut untuk berpikir kritis.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan e-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember, 2) Mendeskripsikan kevalidan e-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember, 3) Mendeskripsikan kelayakan e-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember, 4) Mendeskripsikan keefektivan e-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Desseminate), akan tetapi dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Develop karena adanya keterbatasan waktu dalam penelitian. Adapun validasi yang digunakan meliputi validasi materi oleh 2 dosen validator, validasi media oleh 2 dosen validator, dan 1 ahli praktisi pembelajaran oleh guru biologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif dengan hasil kevalidan dari ahli materi sebesar 89,87%, validasi ahli media sebesar 91,25% , validasi ahli praktisi sebesar 96,25% dengan kriteria ketiganya adalah sangat valid. Kepraktisan produk didasari dari hasil angket respon siswa pada uji coba skala kecil dengan hasil persentase sebesar 91,6% dengan kategori sangat praktis tanpa revisi. Serta hasil pada uji coba skala besar diperoleh persentase sebesar 83,21% dalam kategori “Sangat Menarik”. Produk e-LKPD dikatakan efektif karena berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,00 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Nuril Azrina |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 09:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 09:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8876 |
Actions (login required)
View Item |