Kusumawati, Winda (2022) Pengembangan media pembelajaran menggunakan video whiteboard animation pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII IPA SMP/MTs. Undergraduate thesis, Uin khas jember.
Text
winda 11.pdf Download (3MB) |
Abstract
Winda Ayu Kusumawati, 2022, Pengembangan Media Pembelajaran Video Whiteboard Animation pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Bagi Siswa Kelas VIII IPA SMP/MTs
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Whiteboard Animation, Sistem Pencernaan Manusia
Salah satu faktor yang mempengaruhi pembelajaran peserta didik, antara lain pendidik, lebih cenderung menggunakan metode pembelajaran yang sifatnya masih konvensional. Pada saat ini metode pembelajaran dipilih berdasarkan kriteria penggunaan media pembelajaran, hal ini digunakan dalam rangka melaksanakan produksi bahan ajar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Ketersediaan berbagai bahan mengajar yang bervariasi akan tercipta suasana yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik salah satu pilihan untuk mengatasi kekurangan sumber belajar di sekolah-sekolah adalah dengan mengembangkan pertumbuhan berbasis IT dan materi pembelajaran yang baik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Media pembelajaran mencakup semua jenis peralatan fisik yang dikembangkan secara terorganisir untuk menyampaikan pengetahuan dan interaksi. salah satunya adalah media animasi whiteboard.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana validitas pengembangan media pembelajaran menggunakan video whiteboard animation pada materi system pencernaan manusia bagi siswa kelas VIII IPA SMP/MTS?, 2) Bagaimana hasil uji respon peserta didik terhadap produk yang di kembangkan menggunakan vidio whiteboard animation ? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan produk media pembelajaran menggunakan video whiteboard animation, 2) Mendeskripsikan respon siswa dan guru dari produk produk media pembelajaran menggunakan video whiteboard animation .
Jenis penelitian yang di pakai yaitu Research and Development (R&D) model 4-D. Peneletian ini terbatas pada tahap pengembangan karena keterbatasan waktu peneliti yang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan bahan animasi whitebord. Ada empat langkah untuk pengembangan ini: mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebar. Jenis data yang di peroleh terdiri atas dua macam, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dipaparkan sebelumnya, terdapat beberapa pokok bahasan utama sebagai berikut: 1) Validitas video pembelajaran yaitu Video pembelajaran layak digunakan. Dengan persentase yang diperoleh dari masing-masing nilai yang diberikan sebagai berikut: 96% dari guru IPA, 94% dari ahli media, dan 95% dari ahli materi. Sehingga dapat dikategorikan bahwa media ini sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi, 2) Hasil uji coba video pembelajaran yaitu Video pembelajaran cukup bermanfaat. Berikut persentase yang dicapai dari masing-masing uji coba: Uji coba skala kecil menghasilkan 95,89 persen, sedangkan uji coba skala besar menghasilkan 97,23 persen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Kusumaeati Winda Melinda |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 02:14 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 02:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8883 |
Actions (login required)
View Item |