Hilmy, Rofikoh (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 MATERI EKOSISTEM PADA KELAS VII MTS BAITUL HIKMAH JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Hilmy Rofikoh (T201810038) Tadris IPA.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan media interaktif berbasis articulate storyline 3 dalam penelitian ini berdasarkan temuan di MTs Baitul Hikmah Jember, yakni belum tersedianya media penunjang pembelajaran pada materi ekosistem yang bersifat konseptual sehingga sulit untuk dipahami dan kebutuhan peserta didik terhadap media penunjang yang menarik dengan memperjelas materi ekosistem pada kelas VII. Dengan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 peserta didik dapat memperjelas pemahaman materi ekosistem dengan interaksi secara langsung menggunakan media pembelajaran interaktif.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yakni (1) Mengetahui validitas media pembelajaran Articulate Storyline 3 pada materi ekosistem kelas VII SMP/MTs. (2) Mengetahui respons peserta didik terhadap media belajar berupa Articulate Storyline 3 pada materi ekosistem kelas VII SMP/MTs.
Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang terbatas pada tahap Implementation (implementasi) dikarenakan keterbatasan waktu. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh para ahli yakni ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna. Setelah melalui tahap validasi dan juga revisi kemudian di uji coba lapangan untuk mengetahui respons peserta didik. Subjek uji respons skala kecil dilakukan terhadap 10 peserta didik kelas VII C dan VII D serta uji respons skala besar terhadap 36 peserta didik kelas VII C dan VII D MTs Baitul Hikmah Jember.
Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan (1) Memperoleh presentase nilai validasi ahli materi sebesar 90%, presentase nilai validasi oleh ahli media sebesar 95%, dan presentase nilai validasi pengguna oleh guru sebesar 87%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tigkat validitas media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinyatakan sangat valid. (2) Hasil uji respons peserta didik skala kecil sebesar 91% pada kriteria sangat menarik dan skala besar sebesar 93% pada kriteria sangat menarik, dengan demikian dari segi kemenarikan media pembelajarn interaktif berbasis articulate storyline 3 sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Hilmy Rofikoh Rofikoh |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 02:29 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 02:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8891 |
Actions (login required)
View Item |