Implementasi program madrasah nasionalis dalam membentuk karakter peserta didik di madrasah ibtidaiyah negeri 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022

Lutfiani, Rizky (2022) Implementasi program madrasah nasionalis dalam membentuk karakter peserta didik di madrasah ibtidaiyah negeri 3 Jember tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Implementasi program madrasah nasionalis dalam membentuk karakater peserta didik)
Rizky Lutfiani_T20184012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan sosial dan kemajuan teknologi yang pesat sebagai dampak globalisasi, memungkinkan masuknya pengaruh dari nilai-nilai budaya luar negeri terhadap suatu masyarakat, khususnya generasi muda. Cepatnya pertukaran informasi tersebut tidak seimbang dengan kecepatan pengembangan pendidikan karakter yang masih berbasis tekstual, tanpa adanya penguatan atau implementasi lebih lanjut kepada peserta didik. Program madrasah nasionalis merupakan sebuah program lokal sekolah yang dilaksanakan oleh Madrasah Ibtida’iyah Negeri 3 Jember dalam rangka menanamkan nilai dan karakter peserta didik khususnya karakter nasionalis atau yang di dalamnya memuat kegiatan-kegiatan yang memiliki tujuan akhir mengenalkan,menanamkan, membentuk karakter peserta didik dalam lingkup madrasah.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program madrasah nasionalis dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 3 Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi program madrasah nasionalis dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 3 Jember dan bagaimana solusinya?
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi nasionalis dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 3 Jember 2) Untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat implementasi madrasah nasionalis dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi lapangan(field research). Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Implementasi program madrasah nasionalis dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 3 Jember adalah melalui berbagai kegiatan meliputi napak tilas sejarah yang mengasyikkan, memperkenalkan keberagaman budaya dengan study tour, ‘nonton bareng’ film perjuangan, mendengarkan musik yang bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme, menggunakan produk-produk dalam negeri, memperkenalkan anak pada permainan rakyat, menyanyikan lagu kebangsaan, upacara bendera, dan menamai kelas dengan nama pahlawan. 2) faktor pendukung dalam implementasi program madrasah ini antara lain peran kepala sekolah, sikap kooperatif para guru dan dukungan orang tua atau wali peserta didik dan faktor penghambat pelaksanaan implementasi program madrasah nasionalis yaitu waktu, prasarana dan faktor internal dan eksternal pada peserta didik.
Kata kunci: madrasah nasionalis; pendidikan karakter; karakter nasionalis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nn rizky lutfiani
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:16
Last Modified: 07 Jul 2022 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8946

Actions (login required)

View Item View Item