Putri, Eka (2022) Implementasi Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Desain Grafis pada jurusan Desain Komunikasi Visual di SMKN 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Eka Putri Kh.S_T20183096 SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Eka Putri Khotizatul S, 2022 : “Implementasi Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Desain Grafis Pada Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) di SMK Negeri 4 Jember.”
Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Keterampilan Desain Grafis
Sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang dituntut untuk selalu tumbuh dan berkembang mengikuti perubahan zaman yang ada. Pendidikan merupakan salah satu instrumen strategis dan sistematis dalam upaya meningkatkan mutu dan daya saing bangsa. Salah satu prioritas pembangunan nasional bidang pendidikan sangat relevansi dengan kebutuhan keterampilan di dunia kerja. Maka penelitian ini berbicara tentang Implementasi Manajemen Pembelajaran di SMK Negeri 4 Jember.
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) bagaimana perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan desain grafis di SMKN 4 Jember 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan desain grafis di SMKN 4 Jember 3) bagaimana evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan desain grafis di SMKN 4 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi data 2) Penyajian data 3) kesimpulan, penarikan/verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan desain grafis di SMKN 4 Jember.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran desain grafis di SMKN 4 Jember pertama kakomli dan guru menyiapkan rancangan pembelajaran yaitu capaian pembelajaran (CP), alur tujuan pembelajaran (AP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP) yang mana sebelumnya sama saja dengan RPP dan silabus tetapi istilahnya saja yang berbeda. Untuk perangkat perencanaan yang lainnya sudah tesedia dan berjalan dengan baik. 2) Pelaksanaan pembelajaran terdapat dua jenis pembelajaran yaitu pembelajaran Daring dan pembelajaran Luring, untuk pembelajaran daring guru gunakan saat menyampaikan materi bahan ajar, teori-teori dasar, diskusi dan tanya jawab. Untuk pembelajaran Luring digunakan ketika siswa mempraktikkan hasil dari teori yang sudah guru sampaikan pada saat penyampaian materi pembelajaran daring 3) evaluasi pembelajaran terdapat dua penilaian yaitu diambil dari nilai pengetahuan dan nilai keterampilan, untuk ulangan harian, ulangan tengah semester dan ujian akhir semester sudah pasti dilakukan oleh semua mata pelajaran yang tertera di kurikulum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Eka Putri |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:50 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8998 |
Actions (login required)
View Item |