Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di MTs Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Ekawati, Devinda (2022) Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di MTs Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
devinda.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebiasaan belajar yang berhubungan erat dengan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika. Kebiasaan yang baik harus dikembangkan dan dibiasakan oleh siswa karena bukan sesuatu yang menetap pada diri siswa tetapi sesuatu yang harus dibentuk. Untuk lebih mendukung dan memaksimalkan kebiasaan belajar diperlukan aspek afektif. Salah satu aspek afektif yang dapat menguatkan kebiasaan belajar siswa adalah disposisi matematis.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Balung. 2) untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Balung. 3) untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan disposisi matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Balung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTs Wahid Hasyim Balung Jember. Dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Balung Jember menjadi populasi yaitu 116 siswa, kemudian peneliti menggunakan teknik probability yaitu cluster random sampling sebagai pemilihan sampel dan untuk menentukan jumlah sampel memakai rumus Slovin didapatkan 54 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan dokumen dan angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) tidak ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Balung dengan nilai thitung yaitu 0,449 lebih rendah dari ttabel yaitu 2,007 dengan sig. sebesar 0,655 lebih besar dari 0,05. 2) tidak ada pengaruh signifikan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Balung dengan nilai thitungyaitu 1,437 lebih rendah dari ttabel sebesar 2,007 dengan sig. sebesar 0,157 lebih besar dari 0,05. 3) tidak ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar dan disposisi matematis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Balung yang diuji dengan uji F didapatkan Fhitungyaitu 2,354 lebih kecil dari Ftabel yaitu 3,18 dengan sig 0,105 lebih besar dari 0,05

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Devinda Devinda Devinda
Date Deposited: 07 Jul 2022 09:08
Last Modified: 07 Jul 2022 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9003

Actions (login required)

View Item View Item