Dinillah, Qoimatu (2022) Pengembangan media padlet pada pembelajaran ipa materi getaran, gelombang dan bunyi selama masa pandemi covid-19 untuk siswa kelas viii smpn 1 sukosari bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
SKRIPSI QOIMATU DINILLAH T201710022 TADRIS IPA.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Padlet, Masa Pandemi, Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi
Pengembangan media Padlet dilakukan berdasarkan permasalahan selama masa pandemi di SMPN 1 Sukosari Bondowoso. Dalam proses pembelajaran IPA guru belum memiliki inovasi dalam menggunakan media pembelajaran secara online. Selain itu, siswa menganggap pembelajaran IPA membosankan dan sulit karena terdapat perhitungan dengan berbagai rumus. Siswa merasa mudah memahami materi jika disajikan dalam bentuk video, gambar, suara dan simulasi praktikum. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran daring untuk membantu siswa agar mudah menerima materi. Media Padlet menjadi salah satu alternatif untuk memahami konsep pembelajaran IPA secara dinamis, sebagai sumber belajar selama masa pandemi.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui validitas media pembelajaran Padlet materi getaran, gelombang dan bunyi untuk siswa kelas VIII SMP/MTs; (2) Untuk mengetahui respons siswa terhadap media pembelajaran Padlet materi getaran, gelombang dan bunyi untuk siswa kelas VIII SMP/MTs.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah pengembangan 4D tersusun dari empat tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya sampai tahap Develop (pengembangan). Subjek penelitian melibatkan satu ahli materi, satu ahli media, satu guru IPA sebagai ahli pengguna, 6 siswa uji skala kecil dan 27 siswa uji skala besar di SMPN 1 Sukosari Bondowoso.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase uji validasi sebagai berikut. (1) Aspek materi dinilai valid digunakan dengan hasil presentase 96%, aspek media pembelajaran Padlet dinilai valid digunakan dengan hasil persentase 88% dan aspek pengguna guru IPA dinilai valid digunakan dengan hasil presentase 96%. (2) Siswa merespon media pembelajaran Padlet sangat menarik dengan hasil presentase 87,46% uji skala kecil dan 89,71% uji skala besar. Berdasarkan analisis respon siswa, media Padlet sangat menarik karena terdapat video, gambar, simulasi praktikum dan penjelasan yang tersaji secara jelas, dapat membantu proses belajar selama masa pandemi serta memudahkan siswa untuk memahami materi getaran, gelombang dan bunyi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020301 Acoustics and Acoustical Devices; Waves 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Qoimatu Dinillah |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 07:05 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 07:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9034 |
Actions (login required)
View Item |