Isnaini, Fitriyah Heni Dwi Nur (2022) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPA Berbasis Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalsiwalan Probolinggo Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI FITRIYAH HENI DWI NUR ISNAINI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang membahas tentang
peristiwa maupun gejala alam sekitar beserta isinya. Salah satu pembelajaran IPA terutama materi Fisika adalah pelajaran yang serius, dan tidak jauh dari persoalan konsep serta pemahaman konsep peneyelesaian soal-soal yang rumit. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru bahwa mengalami kesulitan dalam mengajarkan materi Cahaya dan Alat Optik dan hasil belajar kelas VII SMP Negeri 1 Tegalsiwalan memperoleh nilai dibawah KKM pada pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil analisis permasalahan siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami materi Cahaya dan Alat Optik. Penerapan media pembelajaran IPA berbasis Video Youtube ini dilatar belakangi adanya faktor kesesuaian dari hasil analisis kebutuhan siswa. Siswa lebih senang ketika pembelajaran memanfaatkan teknologi seperti video pembelajaran. Mengatasi hal tersebut salah satu media
yang tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah media
berbasis Youtube.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah ada
pengaruh penggunaan media pembelajaran IPA berbasis Youtube terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalsiwalan Probolinggo pada materi Cahaya dan Alat Optik?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruhpenggunaan media pembelajaran IPA berbasis Youtube terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalsiwalan Probolinggo pada materi Cahaya dan Alat Optik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group
Desaign. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
Purposive Sampling. Sampel yang digunakan terdiri dua kelompok, yaitu
kelompok kontrol (kelas VIII A) dan kelompok eksperimen (Kelas VIII B).
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pretest dan posttest. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji hipotesis menggunakan uji mann whitney.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai signifikansi skor post test kelas kontrol dengan kelas eksperimen yaitu 0,002 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Hi diterima, sehingga penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran IPA berbasis Youtubeterhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalsiwalan pada materi Cahaya dan Alat Optik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Fitriyah Heni Dwi Nur Isnaini |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 08:05 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 08:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9036 |
Actions (login required)
View Item |