Sholihah, Mar'atus (2022) Implementasi Model Pembelajaran ASSURE Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
-SKRIPSI MAR'ATUS SHOLIHAH (T20181322).pdf Download (4MB) |
Abstract
Mar’atus Sholihah, 2022: Implementasi model pembelajaran ASSURE dalam menumbuhkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Model pembelajaran ASSURE, Keaktifan belajar.
Menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan misi utama yang harus dilakukan oleh guru supaya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Maka dari itu, penerapan model pembelajaran ASSURE adalah upaya menumbuhkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Fokus penelitian meliputi 1) Bagaimana perencanaan implementasi model pembelajaran ASSURE dalam menumbuhkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana implementasi model pembelajaran ASSURE dalam menumbuhkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember tahun pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana evaluasi implementasi model pembelajaran ASSURE dalam menumbuhkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember tahun ajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian meliputi 1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi model pembelajaran ASSURE dalam menumbuhkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran ASSURE dalam menumbuhkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember tahun pelajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan evaluasi implementasi model pembelajaran ASSURE dalam menumbuhkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian menggunakan field research. Obyek penelitiannya di SMP Nuris Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif interaktif dari Miles & Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Pada perencanaan implementasi model pembelajaran ASSURE terdapat RPE, program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. 2) Pada implementasi model pembelajaran ASSURE ini adalah guru menganalisis karakteristik siswa; guru menentukan tujuan pembelajaran; guru memilih metode, media dan materi ajar; guru menerapkan metode, media dan materi ajar; guru melibatkan siswa dalam pembelajaran; guru mengevaluasi dan revisi. 3) Pada Evaluasi implementasi model pembelajaran ASSURE guru menggunakan tes tulis dan tes menghafal yang mana pada evaluasi tersebut menunjukkan keefektifan dan keberhasilan terhadap penggunaan model pembelajaran ASSURE pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mar' atus Sholihah |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 02:53 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 02:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9082 |
Actions (login required)
View Item |