Penerapan Metode Abjad dalam Pembelajaran Menulis Peserta Didik Kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan

Aditiya, Melinda Eka (2022) Penerapan Metode Abjad dalam Pembelajaran Menulis Peserta Didik Kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Melinda Eka Aditiya_T20184004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Melinda Eka Aditiya, 2022: Penerapan Metode Abjad dalam Pembelajaran Menulis Peserta Didik Kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan.

Kata Kunci: Metode abjad, pembelajaran menulis

Metode abjad diterapkan pada pembelajaran menulis peserta didik kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan dikarenakan masih banyak dijumpai peserta didik yang sudah bisa membaca namun masih lemah ketika menulis. Metode abjad biasanya digunakan untuk peserta didik yang baru belajar menulis, namun metode ini diulang kembali di kelas II sebagai upaya pendidik dalam melatih keterampilan menulis (hand writing).
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode abjad dalam pembelajaran menulis peserta didik kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan?; 2) Bagaimana pelaksanaan metode abjad dalam pembelajaran menulis peserta didik kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan?; 3) Bagaimana evaluasi metode abjad dalam pembelajaran menulis peserta didik kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode abjad dalam pembelajaran menulis peserta didik kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan; 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode abjad dalam pembelajaran menulis peserta didik kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan; 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode abjad dalam pembelajaran menulis peserta didik kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Perencanaan metode abjad dalam pembelajaran menulis peserta didik kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan yaitu menyusun silabus dan RPP, dan teknik pembelajarannya harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik; 2) Pelaksanaan metode abjad dalam pembelajaran menulis peserta didik kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan meliputi tiga tahapan yaitu tahap pendahuluan, inti, dan penutup; 3) Evaluasi metode abjad dalam pembelajaran menulis peserta didik kelas II di MI Tarbiyatus Shibyan Balun Kabupaten Lamongan meliputi alokasi waktu yang telah ditentukan tidak mencukupi, tulisan pada LKS kurang jelas, buram, dan berwarna hitam putih, serta peserta didik kesulitan dalam pemenggalan suku kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Perpustakaan Melinda Eka Aditiya
Date Deposited: 11 Jul 2022 08:33
Last Modified: 11 Jul 2022 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9084

Actions (login required)

View Item View Item