Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Hasil Belajar Matematiuka Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Pasuruan

Fadilah, Siti Nur (2022) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Hasil Belajar Matematiuka Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Fadilah_T20187106.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Nur Fadilah, 2022: Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 4 Pasuruan.
Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Linguistik , Hasil Belajar.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecerdasan logis matematis yang sangat berkaitan erat dengan kemampuan kognitif dalam pembelajaran matematika. Untuk lebih mendukung dan memaksimalkan kecerdasan logis matematis juga diperlukan aspek afektif. Salah satu aspek afektif yang dapat menguatkan kecerdasan logis matematis siswa adalah kecerdasan linguistik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis, kecerdasan linguistik, dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Pasuruan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Passuruan baik secara simultan maupun individu.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTs Negeri 4 Pasuruan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik cluster random sampling, dan penentuan ukuran sampel menggunakan rumus slovin, Berdasarkan rumus slovin diperoleh jumlah sampel yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa, sedangkan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Pasuruan, dimana kelas VIII terdapat 5 kelas yang terdiri dari 158 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumen dan angket. Dalam penelitian ini dokumen yang digunakan ialah dokumen yang berupa nilai ujian tengah semester ganjil siswa pada mata pelajaran matematika, sedangkan angket yang digunakan ialah angket kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kecerdasan logis matematis siswa kelas VIII terdapat 7 siswa dengan kategori sangat tinggi, 23 siswa dengan kategori tinggi, 34 siswa dengan kategori sedang, dan 1 siswa gengan kategori rendah. 2) Kecerdasan Linguistik siswa terdapat 9 siswa dengan kategori sangat tinggi, 27 siswa dengan kategori tinggi, 29 siswa dengan kategori sedang, dan 10 siswa dengan kategori rendah, 3) Hasil belajar matematika siswa terdapat 41 siswa dengan nilai pada kategori sangat tinggi, dan 24 siswa dengan kategori tinggi. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Pasuruan. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik secara individu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Pasuruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Siti Nur Fadilah
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:22
Last Modified: 11 Jul 2022 01:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9085

Actions (login required)

View Item View Item