Irjayanti, Yuniar Dhea Putri (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Rumah Pintar Biologi (RUPIBI) 3D Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Klakah Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Yuniar Dea Putri.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran, 3 Dimensi, Pencemaran Lingkungan
Media pembelajaran merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran.
Dalam pembelajaran IPA media merupakan sumber belajar yang dapat membantu
guru dalam memberikan pemahaman materi kepada siswa. Salah satu contoh
media pembelajaran adalah media 3D. Berdasarkan wawancara dan analisis
kebutuhan yang dilakukan didapatkan hasil bahwa guru mengalami kesulitan saat
pembelajaran karena keterbatasan media. Siswa kelas VII juga sukar memahami
materi yang bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat secara langsung. Oleh karena
itu, berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya pengembangan media pembelajaran
berbasis media 3D yang dapat menunjang kebutuhan pembelajaran.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana validitas media
pembelajaran rupibi 3D pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP
Negeri 2 Klakah , (2) Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran
rupibi 3D pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 2 Klakah.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan validitas media
pembelajaran rupibi 3D pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP
Negeri 2 Klakah Lumajang, (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap media
pembelajaran rupibi 3D pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP
Negeri 2 Klakah Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Reserch and
Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 alur
tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation.
Namun, tahapannya dibatasi hanya sampai pada tahap Implementasi dikarenakan
waktunya terbatas. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk
mengetahui kelayakan media Rupibi 3D yaitu menggunakan skala Likert dengan
5 kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dihasilkan
berupa data kualitatif dan kuantitatif dari ahl materi, media, guru, serta respon
siswa. Data kualitatif merupakan data berupa kritik dan saran dari tim ahli,
sedangkan data kuantitatif merupakan data berupa skor (presentase).
Hasil penilaian menunjukkan bahwa media Rupibi 3D ini layak digunakan
dengan kategori valid dan sangat baik. Hal ini berdasarkan pada presentase
kelayakan media Rupibi 3D oleh ahli materi dengan presentase kelayakan sebesar
92%, penilaian oleh ahli media dengan presentase kelayakan sebesar 100%, dan
penilaian dari respon siswa diperoleh persentase kemenarikan sebesar 92,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 03 CHEMICAL SCIENCES > 0305 Organic Chemistry > 030504 Organic Green Chemistry 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Mrs Yuniar Dhea Putri Irjayanti |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 08:09 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 08:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9115 |
Actions (login required)
View Item |