Efektivitas Telemarketing dalam Pemasaran Produk Sayur dan Buah Di UD. Hasli Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember

Munawwaroh, Izzatul (2022) Efektivitas Telemarketing dalam Pemasaran Produk Sayur dan Buah Di UD. Hasli Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Izzatul Munawwaroh_E20182041.pdf

Download (8MB)

Abstract

Izzatul Munawwaroh, Ahmad Muzayyin, S.E., M.E. 2022: EfektivitasTelemarketing dalam Pemasaran Produk Sayur dan Buah di UD. Hasli Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Efektivitas, Telemarketing, dan Pemasaran.
Di era digital seperti saat ini telemarketing sudah mulai ditinggalkan dan sering dipandang sebelah mata karena dianggap sebagai panggilan spam. Namun hal ini tidak sesuai dengan teori yang ada dan disini UD. Hasli tetap memilih mengunggulkan strategi telemarketing sebagai andil penting dalam pemasaran
produknya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini ialah: 1) Bagaimana
mekanisme telemarketing dalam pemasaran produk sayur dan buah di UD. Hasli Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember? 2) Bagaimana efektivitas telemarketing dalam pemasaran produk sayur dan buah di UD. Hasli Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat telemarketing dalam pemasaran produk sayur dan buah di UD. Hasli Kecamatan
Gumukmas Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan
bagaimana mekanisme telemarketing dalam pemasaran produk sayur dan buah di UD. Hasli Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana efektivitas telemarketing dalam pemasaran produk sayur dan buah di UD. Hasli Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat telemarketing dalam pemasaran produk sayur dan buah di UD. Hasli Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Penentuan informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan 1) Mekanisme telemarketing di UD. Hasli yaitu menelpon satu persatu pelanggan, menjalin komunikasi yang baik, memengaruhi pelanggan agar melakukan pembelian ulang, menyebarkan broadcast ke seluruh kontak di hp telemarketer sekaligus menfollow up serta memproses pesanan dari telepon pelanggan yang pernah dihubungi. 2) Efektivitas telemarketing di UD. Hasli dinilai sudah efektif yang dibuktikan dengan peningkatan kesadaran produk, meningkatnya kepuasan pelanggan pada pelayanan dan produk, meningkatnya citra UD. Hasli yang baik serta meningkatnya pangsa pasar produk. 3) Faktor pendukung dan penghambat telemarketing di UD. Hasli, dimana karakteristik organisasi, karakteristik pekerja serta kebijaksanaan dan praktek manajemen sebagai faktor pendukung, sedangkan faktor penghambatya yaitu terkait dengan karakteristik lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Izzatul Munawwaroh
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:44
Last Modified: 14 Jul 2022 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9185

Actions (login required)

View Item View Item