Adiniyah, Nur Kumala (2022) KORELASI PEMAHAMAN PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DENGAN PERILAKU MENJAGA KESEHATAN REPRODUKSI SISWA KELAS XI MIPA DI MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi full_Nur Kumala Adiniyah_Watermark.pdf Download (16MB) |
Abstract
Kata kunci : Pemahaman, sistem reproduksi, perilaku menjaga kesehatan reproduksi.
Permasalahan yang dialami remaja saat ini cukup kompleks adanya. Mulai dari masalah prestasi belajar di sekolah, pergaulan, perilaku pacaran yang tidak sehat dan lain sebagainya. Berdasarkan Survei Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Jember memiliki angka kasus HIV/AIDS yang tertinggi ke tiga setelah Surabaya dan Banyuwangi. Melihat kasus HIV/AIDS yang cukup tinggi di kabupaten Jember, membuktikan bahwa kesehatan reproduksi seringkali kurang diperhatikan dan menjadi masalah yang cukup besar terutama di kalangan remaja. Pemerintah telah memberi upaya preventif gangguan kesehatan reproduksi pada remaja salah satunya melalui pembelajaran formal yaitu pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi yang diajarkan di sekolah kelas XI MIPA yang terdapat pada uraian KD.3.12 dan KD. 3.13.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah pemahaman siswa pada materi sistem reproduksi kelas XI MIPA di MAN 1 Jember? 2) Bagaimanakah perilaku menjaga kesehatan reproduksi siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember? 3) Adakah korelasi antara pemahaman pada materi sistem reproduksi terhadap perilaku menjaga kesehatan reproduksi siswa kelas XI MIPA di MAN 1 jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional non eksperimen. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 167 siswa. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin diperoleh 118 siswa sebagai jumlah minimal sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diambil sebanyak empat kelas yang berjumlah 128 siswa. Namun, dikarenakan ada beberapa siswa yang tidak masuk sekolah dengan berbagai macam alasan jumlah sampel sebanyak 121 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan angket serta analisis data menggunakan uji korelasi Product moment.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara pemahaman siswa pada materi sistem reproduksi dengan perilaku menjaga kesehatan reproduksi siswa kelas XI MIPA di MAN 1 Jember tahun ajaran 2021/2022 dengan perolehan t hitung (0,864) < t tabel (1,657) yang artinya Ha ditolak dan H0 diterima. Hal ini juga dapat dilihat dari keeratan hubungan antara ke dua variabel diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,079 yang terletak pada interval 0,00-0199 artinya “sangat lemah”. Jadi, tinggi rendahnya pemahaman siswa pada materi sistem reproduksi tidak menunjukkan tinggi atau rendahnya perilaku siswa menjaga kesehatan reproduksi. Perilaku sebagai Nurturant Effect tidak langsung dapat terekam dan memiliki tahapan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111711 Health Information Systems (incl. Surveillance) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ms Nur Kumala Adiniyah |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 08:04 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 08:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9201 |
Actions (login required)
View Item |