Muthmainnah, Inna (2022) Peran Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI Muthmainnah.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muthmainnah, 2022: “Peran Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember”.
Kata Kunci: Tenaga administrasi dan mutu layanan administrasi.
Tenaga administrasi merupakan unsur pokok dalam pengelolaan kegiatan-kegiatan di madrasah. Tenaga administrasi berperan penting dalam melayani, membantu, dan mengarahkan sumber daya madrasah dalam memenuhi kebutuhannya dalam pelaksanaan pendidikan di madrasah. Mutu layanan administrasi madrasah dapat diukur dengan tingkat efektivitas, efisiensi dan rasionalitas layanan administrasi madrasah.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran tenaga administrasi madrasah di MAN 1 Jember? 2) Bagaimana mutu layanan administrasi madrasah di MAN 1 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran tenaga administrasi madrasah di MAN 1 Jember. 2) Mengukur mutu layanan administrasi madrasah di MAN 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods desain sequental exploratory. Metode ini merupakan metode kombinasi yaitu dengan menggabungkan dua metode (kualitatif dan kuantitatif) secara bertahap. Metode kualitatif berfungsi untuk menemukan hipotesis pada kasus tertentu atau sampel terbatas, dan metode kuantitatif berfungsi untuk menguji hipotesis pada populasi yang lebih luas. Jadi metode ini berguna untuk menemukan hipotesis dan sekaligus membuktikan validitas hipotesis tersebut.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Tenaga administrasi madrasah berperan penting dalam melayani, membantu dan mengarahkan dalam proses pembelajaran di MAN 1 Jember, karena tanpa adanya tenaga administrasi maka proses pembelajaran di madrasah tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 2) Layanan administrasi di MAN 1 Jember menunjukkan bahwa pelayanan administrasi siswa MAN 1 Jember sesuai dengan tingkat efektivitas, efisiensi, dan rasionalitas layananan administrasi. Sedangkan layanan administrasi guru terhitung efektif namun tidak sesuai dengan tingkat efisiensi dan rasionalitas layanan administrasi madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muthmainnah Inna |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 01:28 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 01:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9268 |
Actions (login required)
View Item |