Studi Korelasi Motivasi Belajar dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII selama Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di SMP Islam Darul Falah Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022

Chofifah, Siti (2022) Studi Korelasi Motivasi Belajar dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII selama Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di SMP Islam Darul Falah Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Chofifah_T2016706.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Nur Chofifah, 2022: Studi Korelasi Motivasi Belajar dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII selama Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di SMP Islam Darul Falah Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar Matematika

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor motivasi belajar dan gaya belajar siswa kelas VIII di SMP Islam Darul Falah terhadap mata pelajaran matematika dan nilai rata-rata PAS (Penilaian Akhir Semester) siswa mengalami penurunan selama pandemi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) terdapat korelasi atau tidak antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII selama pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di SMP Islam Darul Falah Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022; 2) terdapat korelasi atau tidak antara gaya belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII selama pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di SMP Islam Darul Falah Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022; dan 3) terdapat korelasi atau tidak antara motivasi belajar dan gaya belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII selama pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di SMP Islam Darul Falah Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian es post facto dan desain penelitian korelasional. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Darul Falah Sukodono yang berjumlah 53 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji spearman ‘rho.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) nilai sig. sebesar , artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII selama pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di SMP Islam Darul Falah Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022; 2) nilai sig. sebesar , artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII selama pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di SMP Islam Darul Falah Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022; dan 3) nilai sig. sebesar , artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan gaya belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII selama pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di SMP Islam Darul Falah Sukodono Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Nur Chofifah
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:21
Last Modified: 09 Aug 2022 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9324

Actions (login required)

View Item View Item