Arifin, Zainul (2022) Peran Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di MTs Al-Falah Klompangan Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
Text
KRIPSI ZAINUL ARIFIN T20163082.pdf Download (2MB) |
Abstract
Zainul Arifin, 2021: Peran Kepala Madrasah Dalam Peningkatkan Mutu Pembelajaran Di MTs Al-Falah Klompangan Ajung Jember
Kepala madrasah merupakan figur yang sangat penting dalam struktur kelembagaan. Oleh karena itu kepala madrasah menjadi titik sentral yang memiliki pengaruh besar terhadap seluruh warga madrasah. Khususnya bagi lembaga dalam pengembangan peningkatan mutu pembelajaran, yakni dengan mengfungsikan peran kepala madrasah sebagai edukator, supervisor, motivator.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Edukator Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MTs Al Falah Klompangan Ajung Jember? 2) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MTs Al Falah Klompangan Ajung Jember? 3) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MTs Al Falah Klpmpangan Ajung Jember?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yakni: wawancara observasi/analisis data menggunakan analisis/deskriptif/kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman, yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah Sebagai Edukator Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MTs Al Falah Klompangan Ajung Jember. 2) Untuk Mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatan Mutu Pembelajran Di MTs Al Falah Klompangan Ajung Jember. 3) Untuk Mendeskripsikan Peran Kepala Sebagai Motivator Dalam Peningkatan Mutu Membelajaran di MTs Al Falah Klompangan Ajung Jember.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Peran kepala madrasah sebagai edukator selalu memberikan peranannya membina memberikan dorongan suasana yang harmonis memberikan nilai-nilai yang baik menunjukan komitmen yang tinggi memfasilitasi mendorong memberikan arahan sesuai dengan kebutuhan proses pembelajaran. (2) Peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu memperogram supervisi dengan melibatkan pendidik dan tenaga pendidik, serta bekerja sama dan menyusun RPP kegiatan pembelajaraan. Pelaksanaan kepala madrasah melakukan kunjungan kelas setiap hari memberikan pembinaan disiplin guna menunjang proses pembelajaran dan melakukan evaluasi tindak lanjut dari program supervisi mengikutsertakan workshop dan menunjang pembelajaran yang efektif dan efisien. (3) Peran kepala madrasah sebagai motivator memiliki strategi memberikan motivasi dalam melakukan fungsi dan tugasnya menciptakan lingkungan fisik, suasana kerja, disiplin dorongan, penghargaan, penyediaan sumber belajar, berbagai kegiatan tersebut dapat meningkatkan motivasi yang akan memberikan dampak peningkatan mutu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Men zainul zainul |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 01:38 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 01:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9325 |
Actions (login required)
View Item |