ZAM, Zahrul Adyan Muhammad (2022) Pembelajaran Kitab al-tibyân fi ‘ulûm al-qurân di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
zahrul siap watermark.pdf Download (3MB) |
Abstract
Zahrul Adyan Muhammad, 2022 : Pembelajaran Kitab Al-Tibyân Fi ‘Ulûm Al-Qurân di Pondok Pesantren al-Bidayah Tegal Besar Jember
Kata Kunci : Pembelajaran, Pembelajaran Kitab At-Tibyan Fil Ulumil Qur’an
Evaluasi merupakan perangkat pembelajaran yang menjadi parameter keberhasilan sebuah program pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Lembaga pendidikan baik formal ataupun non formal dituntut untuk membentuk sebuah perangkat model evaluasi yang dapat mengoptimalkan terlaksananya program pembelajaran serta dapat mengembangkan potensi peserta didik. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Al-Bidayah mengimplementasikan sebuah program yang berupa model evaluasi pembelajaran kitab at-tibyan fil ulumil qur’an dalam rangka meningkatkan kemampuan santri ketika menganalisis teks arab serta mengendalikan hafalan, pemahaman dan tathbiq santri terkait materi pembelajaran.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan dalam pembelajaran Kitab Al-Tibyân Fi ‘Ulûm Al-Qurân di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember ? 2) Bagaimana pelaksanaan dalam Pembelajaran Kitab Al-Tibyân Fi ‘Ulûm Al-Qurân di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember ? 3) Bagaimana evaluasi dalam pembelajaran Kitab Al-Tibyân Fi ‘Ulûm Al-Qurân di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember ? adapun tujuan penelitian ini diantaranya ialah: 1) Mendeskripsikan perencanaan dalam pembelajaran Kitab Al-Tibyân Fi ‘Ulûm Al-Qurân di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan dalam Pembelajaran Kitab Al-Tibyân Fi ‘Ulûm Al-Qurân di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi dalam pembelajaran Kitab Al-Tibyân Fi ‘Ulûm Al-Qurân di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi moderat, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Selain itu, analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan analisis data kualitatif Miles, Huberman dan Sladana yakni Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada tahap pengabsahan data yang didapatkan, peneliti menggunakan dua teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) perencanaan pembelajaran meliputi: pengalokasian waktu pembelajaran, penentuan santri yang wajib berpartisipasi serta penentuan ruang lingkup materi pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan kegiatan pembuka yakni pembacaan tawassul dan al-fatihah, kemudian kegiatan inti yang menggunakan metode diskusi dan ceramah, serta penggunaan media yang berupa kitab Al-Tibyân Fi ‘Ulûm Al-Qurân, Proyektor, laptop dll. Diakhiri dengan kegiatan penutup yakni evaluasi dan pembacaan do’a. 3) evaluasi dalam pembelajaran Al-Tibyân Fi ‘Ulûm Al-Qurân dilaksanakan secara intensif setiap akhir pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Zahrul Adyan Muhammad ZAM |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:31 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9337 |
Actions (login required)
View Item |