Implementasi Metode Moving Class Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso

Siti, Maqnunah (2022) Implementasi Metode Moving Class Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Maqnunah_T20184067.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Maqnunah, 2022: Implementasi Metode Moving Class Dalam Pembelajaran
Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso.
Kata kunci : Metode Moving Class dan Pembelajaran Tematik
Metode moving class adalah salah satu metode pembelajaran yang
berpindah kelas atau berpindah tempat belajar, seperti halaman sekolah, musholla,
perpustakaan yang sesuai dengan pembelajaran yang akan disampaikan.
Pembelajaran Tematik adalah pembelajaran yang didalamnya terdapat beberapa
mata pelajaran yang dijadikan satu dalam satu tema. Metode pembelajaran ini
diterapkan pada pembelajaaran tematik terpadu di Sekolah Dasar Alifya
Tamansari Bondowoso.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana
Pengelolaan Perpindahan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di
Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso ? 2) Bagaimana Pengelolaan
Administrasi Guru dan Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di
Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso ? 3) Bagaimana Pengelolaan
Penilaian dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Alifya
Tamansari Bondowoso ?.
Tujuan pada penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana
Pengelolaan Perpindahan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di
Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan
bagaimana Pengelolaan Administrasi Guru dan Peserta Didik dalam Pembelajaran
Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso. 3) Untuk
mengetahui bagaimana Pengelolaan Penilaian dalam Pembelajaran Tematik
Terpadu di Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif narrative
research karena peneliti akan terjun secara langsung ke lapangan kemudian
mendeskripsikan tentang bagaimana impelementasi metode moving class dalam
pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1). Pengeloaan perpindahan kelas
dilakukan dengan tujuan supaya siswa tidak bosan dalam pembelajaran yang
selalu dilaksanakan didalam kelas, dengan moving class ini siswa sangat mudah
dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. 2). Pengelolaan
administrasi guru dan peserta didik digunakan untuk mempermudah kepala
sekolah dan guru mengetahui siapa saja yang tidak masuk sekolah, selian itu
administrasi yang terdapat dalam pembelajaran tematik di sekolah tersebut adalah
RPP dan materi pembelajaran yang hendak di sampaikan 3). Pengelolaan
penilaian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi
ketika pembelajarannya dilakukan baik didalam kelas maupun diluar kelas dan
untuk mempermudah guru dalam mengevaluasi hasil belaja siswa nantinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Nn Siti Maqnunah
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:59
Last Modified: 12 Jul 2022 08:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9377

Actions (login required)

View Item View Item