Wahyudi, Eko (2022) Manajemen Kurikulum Sistem Kredit Semester dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Eko Wahyudi_T20183066.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dalam mencapai kualitas pendidikan yang baik, dalam impelementasinya kita harus berinovasi sebuah program kurikulum pendidikan dimana kedepannya bisa mengembangkan dan memaksimalkan potensi-potensi para peserta didik. Untuk mewujudkan sistm pembelajaran yang berkualitas, diperlukan adanya usaha dalam memajukan dan mengembangkan setiap individu dengan meningkatkan mutu pendidikan.
Fokus penelitian dalam skripsi adalah: 1) Bagaimana..perencanaan kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan..mutu pendidikan di MAN 1 Kota Probolinggo? 2) Bagaimana..pengorganisasian kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan..mutu pendidikan di MAN 1 Kota Probolinggo? 3) Bagaimana..pelaksanaan kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan..mutu pendidikan di MAN 1 Kota Probolinggo? 4) Bagaimana..evaluasi kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan..mutu pendidikan di MAN 1 Kota Probolinggo?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan.perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan..mutu pendidikan di MAN 1 Kota Probolinggo
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi semi-partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Peneitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum SKS ini, yang pertama mengadakan rapat musyawarah bersama semua jajaran pihak. Pihak madrasah mengajukan proposal. Madrasah mengadakan rapat sekaligus workshop kepada para jajaran guru mempelajari langkah membuat UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). Dan perlu persetujuan dari wali murid. 2) Pengorganisasian kurikulum SKS dengan membentuk tim pengembangan SKS dipilih berdasarkan musyawarah bersama, Pada tahap ini madrasah mengadakan sosialisasi penyelenggaraan SKS kepada wali murid. 3) Pelaksanaan kurikulum SKS ini pihak madrasah mensosiaisasikan terlebih dahulu kepada siswa dan orang tua siswa. Dan dalam penerapannya di kelas, guru diberikan kebebasan dalam menerapkan strategi pembelajaran sekiranya bisa membuat kelas dengan model klasikal heterogen. Siswa yang percepatan lebih aktif dalam hal konsultasi kepada guru, PA maupun BP. 4) Evaluasi kurikulum SKS yaitu, evaluasi di kelas seperti penilaian ujian serta melalui rapot. Evaluasi pengelolaan kuirkulum SKS dengan mengadakan rapat dengan departemen agama dan widyaswara terkait SKS dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kendala yaitu, guru dan siswa SKS dua tahun harus bekerja ekstra, letak lokasi madrasah tidak strategis sehingga mempengaruhi kelengkapan sarana prasarana seperti asrama.
Kata kunci: Manajemen, Kurikulum, Sistem Kredit Semester, Mutu Pendidikan
Actions (login required)
View Item |