Manajemen pembelajaran nilai-nilai multikultural dalam pembentukan karakter religius di sma islam al-hidayah jember

Sulfi Abdullah, Putra Rizqi (2022) Manajemen pembelajaran nilai-nilai multikultural dalam pembentukan karakter religius di sma islam al-hidayah jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putra Rizqi Sulfi Abdullah_T20173057.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Putra Rizqi Sulfi Abdullah. 2022. Manajemen Pembelajaran Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembentukan Karakter Religius Di Sma Islam Al-Hidayah Jember.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Nilai–Nilai Multikultural, Karakter Religius.
Manajemen dapat didefinisikan sebagai seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, dan akhlak mulia, manajemen pembelajaran multikultural dapat didefinisikan sebagai proses manajemen dalam kegiatan belajar mengajar untuk membentuk sikap multikultural.
Fokus penelitian ini yaitu, pertama bagaimana perencanaan manajemen pembelajaran nilai-nilai multikultural di SMA Islam Al-Hidayah Jember? kedua bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran nilai-nilai multikultural dalam pembentukan karakter religius di SMA Islam Al-Hidayah Jember? ketiga bagaimana evaluasi manajemen pembelajaran nilai-nilai multikultural dalam pembentukan karakter religius di SMA Islam Al-Hidayah Jember?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menentukan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi serta keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber dan teknik analisisis data yang digunakan adalah model interaktif miles huberman dan saldana yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari peneltian ini yaitu 1) Perencanaan manajemen pembelajaran nilai-nilai multikultural dalam pembentukan karakter religius di SMA Islam Al-Hidayah Jember yaitu, pertama Kepala Sekolah menyediakan sarana dan prasarana di dalam pembentukan karakter religius di sekolah, kedua guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 2) Pelaksanaan manajemen pembelajaran nilai-nilai multikultural dalam pembentukan karakter religius di SMA islam Al-Hidayah Jember yaitu, pertama adanya pembiasaan kegiatan meliputi membaca Al-Qur’an, kedua, memulai KBM dengan asma’ul husna, sholawat, dan adanya sholat dhuha berjamaah .3) Evaluasi manajemen pembelajaran nilai-nilai multikultural di SMA Islam AL-Hidayah Jember yaitu, pertama peserta didik mulai terbiasa membaca Al-Qur’an setiap pagi, kedua peserta didik serta seluruh warga sekolah menjadikan kegiatan pembacaan asma’ul husna, sholawat dan sholat berjamaah kewajiban sebelum memulai belajar mengajar guna pembentukan karakter religius di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sarjana Manajemen Putra Rizqi Sulfi Abdullah
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:55
Last Modified: 13 Jul 2022 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9407

Actions (login required)

View Item View Item