ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIIIA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DI MTs. WAHID HASYIM JATIMULYO JENGGAWAH JEMBER

Sanjaya, Atik Ilaina (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIIIA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DI MTs. WAHID HASYIM JATIMULYO JENGGAWAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Atik (watermark).pdf

Download (5MB)

Abstract

Atik Ilaina Sanjaya, 2022: Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIIIA pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Minat Belajar di MTs. Wahid Hasyim Jatimulyo Jenggawah Jember.

Kata kunci: Kemampuan penalaran matematis, minat belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis yang dimiliki siswa. Padahal kemampuan penalaran memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika untuk menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Agar siswa memiliki kemampuan penalaran yang baik, maka diperlukan perilaku yang memadai yaitu minat belajar. Dengan minat belajar yang baik, maka siswa akan mencurahkan seluruh perhatiannya untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal sehingga akan timbul kemampuan penalaran yang baik pula.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIIIA yang minat belajarnya tinggi pada materi spldv, 2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIIIA yang minat belajarnya sedang pada materi spldv, 3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIIIA yang minat belajarnya rendah pada materi spldv di MTs. Wahid Hasyim Jatimulyo Jenggawah Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif yang dilakukan di kelas VIIIA yang berjumlah 28 siswa di MTs. Wahid Hasyim jatimulyo Jenggawah Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan enam subjek siswa yang terdiri dari dua siswa yang minat belajarnya tinggi, dua siswa yang minat belajarnya sedang, dan dua siswa yang minat belajarnya rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara. Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Miles dan Hubberman yaitu data collection, data condensation, data display dan conclusions.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) subjek yang minat belajarnya tinggi yaitu subjek MA dan KT mampu memenuhi ke lima indikator kemampuan penalaran matematis, 2) subjek minat belajarnya sedang yaitu CF sudah mampu memenuhi indikator kemampuan penalaran tetapi ada indiktor yang tidak terpenuhi yaitu mampu menyusun alasan/bukti terhadap kebenaran solusi dan mampu menarik kesimpulan dari solusi yang diperoleh sedangkan subjek AA mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran pada semua soal, 3) subjek yang minat belajarnya rendah yaitu subjek DR dan AA pada soal pertama mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis sedangkan pada soal kedua dan ketika hanya memenuhi indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dan memperkirakan jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Atik Ilaina Sanjaya
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:58
Last Modified: 12 Jul 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9423

Actions (login required)

View Item View Item