Umi, Nur Khabibah (2022) ANALISIS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM RESPIRASI KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2021/2022 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
NEW SKRIPSI.pdf Download (6MB) |
|
Text
umi.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Umi Nur Khabibah, 2022: Analisis Penggunaan Google Classroom dalam
Pembelajaran Biologi pada Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Respirasi Kelas XI
Tahun Pelajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri.
Kata Kunci : Google Classroom, Pembelajaran Biologi, Hasil Belajar
Salah satu platform pembelajaran online adalah google classroom. SMA
Negeri 1 Plosoklaten merupakan satu-satunya sekolah SMA negeri yang ada di
daerah Plosoklaten. SMA Negeri 1 Plosoklaten merupakan sekolah yang telah
memanfaatkan e-Learning sebagai media pembelajaran, dimana kegiatan
pembelajaran menggunakan media e-learning di sekolah tersebut memanfaatkan
google classroom.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses penggunaan google
classroom dalam pembelajaran biologi materi sistem respirasi kelas XI di SMA
Negeri 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana persepsi siswa terhadap
penggunaan google classroom dalam pembelajaran biologi materi sistem respirasi?
3) Bagaimana persepsi guru terhadap penggunaan google classroom dalam
pembelajaran biologi materi sistem respirasi? 4) Bagaimana hasil belajar siswa
menggunakan google classroom pada pembelajaran biologi materi sistem respirasi
kelas XI di SMA Negeri 1 Plosoklaten kabupaten Kediri?
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif jenis penelitian
studi kasus (Case Study). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana
(2014), meliputi kondensasi data, penyajian data, pernarikan kesimpulan dan
verifikasi kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini 1) Penggunaan google classroom dalam
pembelajaran biologi: a) Tujuan pembelajaran b) Materi pembelajaran c) Media
pembelajaran d) Metode pembelajaran e) Strategi pembelajaran 2) Persepsi siswa: a)
Materi: menarik karena menggunakan PPT, dapat belajar mandiri, tidak efektif dan
efisien karena tidak tatap muka. b) Media: menarik karena disertai gambar c)
Metode: kurang interaktif d) Faktor pendukung: perangkat, aplikasi mudah
digunakan, jaringan e) Faktor penghambat: akses internet, perangkat, tidak ada
praktek f) Kelebihan: lebih praktis dan efisien, mudah diakses g) Kekurangan:
kurang interaktif, tidak ada praktikum 3) Persepsi guru: a) Materi: PPT disertai
gambar. b) Media: gambar. c) Metode: tanya jawab d) Strategi: poin-poin penting
dengan gambar atau video e) Faktor penghambat: jaringan f) Faktor pendukung: rasa
ingin tahu g) Kelebihan: tidak perlu ke sekolah, fitur aplikasi bagus h) Kekurangan:
kurangnya pemahaman materi 4) Hasil belajar siswa: a) Dari 172 siswa yang tuntas
mencapai KKM (Kriteria Ketntasan Minimal) yaitu 83 siswa, tidak tuntas 89 siswa.
Dengan KKM yaitu ≥74. b) Penggunaan google classroom dalam pembelajaran
biologi belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal c) Penyebab rendahnya hasil
belajar siswa yaitu pemahaman materi kurang, dalam mengerjakan soal evaluasi
susulan karena akses internet, tidak mengirimkan evaluasi, absen alpa, tidak
mengerjakan soal evaluasi meskipun sudah selalu diingatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Umi Nur Khabibah |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:44 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9435 |
Actions (login required)
View Item |