Nuriyah, Shofi Sinta (2022) Penerapan strategi index card match pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV A mima 26 al-falah Sumberejo Ambulu tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
DIGILIB SHOFI SINTA NURIYAH.1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Konteks penelitian ini adalah penerapan strategi index card match dengan tujuan sebagai bentuk variasi dalam kegiatan belajar mengajar, mempermudah peserta didik dalam belajar serta untuk untuk membangkitkan semangat, motivasi dan rasa percaya diri peserta didik agar lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran tematik. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV A.
Berdasarkan konteks penelitian tersebut penulis tertarik mengkaji pada fokus penelitian yaitu: 1. Bagaimana Perencanaan Strategi index card match Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV A MIMA 26 Al-Falah Sumberejo Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022. 2. Bagaimana Pelaksanaan Strategi index card match Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV A MIMA 26 Al-Falah Sumberejo Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022. 3. Bagaimana Evaluasi Strategi index card match Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV A MIMA 26 Al-Falah Sumberejo Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian ialah mendeskripsikan perencanaa, pelaksanaan, dan evaluasi strategi index card match pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV A MIMA 26 Al-Falah sumberejo ambulu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Miles, Huberman, dan Saldan. Analisis data penelitian kualitatif dapat dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: kondensasi data, penyajian data (data displays dan penarikan kesimpulan/ verifikasi (conclusion awing/ veriffication).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV MIMA 26 Al-Falah melalui tiga tahap. Pada tahap perencanaan selain menyiapkan RPP guru juga menyiapkan tujuan, indicator serta media potongan kartu. Tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh guru dengan menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match melalui langkah-langkah dari strategi tersebut. tahap evaluasi dilakukan melalui instrument penilaian tes berupa soal pilihan ganda dan uraian dan penilaian non tes berupa lembar observasi sikap spiritual dan sikap social.
Kata kunci: strategi index card match; pembelajaran tematik terpadu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nn Shofi Sinta Nuriyah |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 08:20 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 08:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9440 |
Actions (login required)
View Item |