Pengembangan e-modul IPA model flip PDF professional pada materi tata surya kelas VII di SMP/MTs

Mabruroh, Mabruroh (2022) Pengembangan e-modul IPA model flip PDF professional pada materi tata surya kelas VII di SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mabruroh_T201710063.pdf

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran yang begitu penting dalam proses belajar siswa, melihat hasil belajar siswa yang kurang baik, hal ini menunjukkan bahwa dapat dilihat dari pemahaman siswa terhadap materi yang cukup rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan analisis yang dilakukan diperoleh data bahwa dalam pembelajaran IPA masih menggunakan bahan ajar yang umum seperti penggunaan buku paket serta LKS dan cara penyampaian materi juga menggunakan metode ceramah. Dari penggunaan bahan ajar sendiri di nilai belum maksimal karena jumlahnya yang masih terbatas, maka dari itu perlu di kembangkan media seperti e-modul untuk dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran IPA. Media yang dirasa sangat tepat untuk siswa adalah media pembelajaran dengan menggunakan e-modul IPA yang berbasis Flip Pdf Professional yang dapat membantu guru dan siswa dalam menunjang pembelajaran.

Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana validitas media e-modul IPA berbasis Flip Pdf Professional materi tata surya kelas vii SMP/MTs? 2)Bagaimana efektivitas media e-modul IPA berbasis Flip Pdf Professional materi tata surya kelas vii SMP/MTs.

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui validitas media e-modul IPA berbasis Flip Pdf Professional materi Tata Surya kelas vii SMP/MTs. 2) Untuk mengetahui efektivitas media e-modul IPA berbasis Flip Pdf Professional materi tata surya kelas vii SMP/MTs.

Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Peneltian ini hanya sampai tahap implementasi karena waktu terbatas. Instrumen penilaian menggunakan skala likert untuk megetahui validitas dan efektifitas media. Angket penilaian dilakukan oleh validator ahli (Materi, Bahasa, Media) dengan menggunakan angket validasi, dan angket penilaian peserta didik dan guru terhadap Flip Pdf Professional

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari hasil validator menyatakan dalam kategori baik sebesar 87% dari ahli materi, dari validator ahli bahasa dikategorikan baik dengan persentase 88% dan sangat baik dengan persentase 92% dari validator ahli media. Respon peserta didik terhadap Flip Pdf Professional dapat di kategorikan baik dengan hasil 89% dan Respon guru di kategorikan sangat baik sebesar 91% .

kata kunci: flip PDF professional; materi tata surya; SMP Negeri 4 Sumberjambe

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020110 Stellar Astronomy and Planetary Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email mabr9909@gmail.com
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:20
Last Modified: 13 Jul 2022 04:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9457

Actions (login required)

View Item View Item