kholida, annisaul (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari tingkat sense of humor siswa kelas VIII di MTsN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Annisaul Kholida_T20187083.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Berdasarkan pra observasi yang dilakukan di kelas VIII MTsN 1 Jember diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berlevel sedang dan sulit masih kurang.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendekripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan tingkat sense of humor tinggi dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Jember. 2) mendekripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan tingkat sense of humor sedang dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Jember. 3) mendekripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan tingkat sense of humor rendah dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui angket MSHS, tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari masing-masing 2 siswa dengan tingkat sense of humor tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Subjek dengan tingkat sense of humor tinggi yakni S01 dan S02 kemampuan pemecahan masalahnya berada pada tingkat tinggi. Sebab S01 memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembali. S02 memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan perencanaan. 2) Subjek dengan tingkat sense of humor sedang yakni S03 dan S04. S03 kemampuan pemecahan masalahnya berada pada tingkat sedang dan S04 kemampuan pemecahan masalahnya berada pada tingkat tinggi. S03 dan S04 mampu memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembali. 3) Subjek dengan tingkat sense of humor rendah yakni S05 dan S06. S05 kemampuan pemecahan masalahnya berada pada tingkat sedang. Sebab memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan perencanaan. S06 kemampuan pemecahan masalahnya berada pada tingkat rendah. Sebab memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan perencanaan.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah; soal cerita matematika; sense of humor
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Annisaul Kholida |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 03:24 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 03:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9465 |
Actions (login required)
View Item |