Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Kitab Taysir Al-Khallaq Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Kelas XII Di Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember

Nikmah, Wahyun (2022) Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Pada Kitab Taysir Al-Khallaq Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Kelas XII Di Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSI WAHYUN Baru 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Penanaman, Nilai-nilai Akhlak, Kitab Taysir Al-Khallaq, Meningkatkan Karakter dan Siswa.

Akhlak manusia merupakan salah satu unsur kehidupan yang menarik perhatian banyak orang. Islam sebagai agama rahmatan lil al'alamin mengajarkan kepada manusia untuk senantiasa mengembangkan potensi dan kepribadiannya. Tujuan penciptaan manusia adalah untuk taat kepada Allah SWT dan menjalin hubungan baik dengan sesama manusia. Oleh karena itu, untuk menjadi orang yang selalu berbuat baik, berkelakuan baik, berkepribadian baik, dan dapat hidup bahagia di dunia dan di masa yang akan datang, ia harus mengembangkan potensi dan akhlaknya sendiri. Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember adalah saah satu lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Darus Sholah, yang sangat mengedepankan ilmu keagamaan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengangkat judul Penanaman nilai-nilai akhlak pada kitab taysir al-khallaq dalam meningkatkan karakter siswa di Madrasah Aliyah Darus Sholah Jember.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Penanaman nilai-nilai akhlak taqwa pada kitab taysir al-khallah dalam meningkatkan karakter siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Darus Sholah? 2) Bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak kejujuran pada kitab taysir al-khallaq dalam meningkatkan karakter siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Darus Sholah? 3) Bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak tata krama siswa pada kitab taysir al-khallaq dalam meningkatkan karakter siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Darus Sholah?
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, menggunakan penelitian lapangan. Penentuan informan menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data skripsi ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen dari data yang telah terkumpul, kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik analisis interaktif menurut Miles and Huberman meliputi: Data collection, data condensation, data display, dan conclusion / verification. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu: 1) Penanaman nilai akhlak taqwa pada kitab taysir al-khallaq dalam meningkatkan karakter siswa dilakukan melalui sebuah program berdzikir, program ini dilakukan secara incidental (tidak dilaksanakan setiap hari). 2) Penanaman nilai akhlak kejujuran pada kitab taysir al-khallaq dalam meningkatkan karakter siswa di madrasah diambil dari program kedisiplinan, dengan disiplin melatih siswa untuk mau berfikir, dengan itu siswa/siswi akan berkata jujur dengan sendirinya. 3) penanaman nilai akhlak tata krama siswa pada kitab taysir al-khallaq dalam meningkatkan karakter siswa dilakukan melalui karakter. Untuk menanamkan karakter, nilai akhlak tata krama siswa di madrasah, madrasah membentuk program diskusi seperti bahtsul masa’il.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WAHYUN NIKMAH
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:47
Last Modified: 19 Jul 2022 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9487

Actions (login required)

View Item View Item