Irwanto, Yendi (2022) Implementasi Bauran Promosi (Promotion Mix) Dalam Mencapai Target Nasabah Produk Tabungan BRI Junio Rencana di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI YENDI IRWANTO.pdf Download (6MB) |
Abstract
Ketatnya persaingan yang terjadi dengan para kompetitor dalam memasarkan produk dan jasanya, membuat PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Jember perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran yang efektif perlu diterapkan agar dapat mewujudkan keunggulan kompetitif dan mencapai target yang telah ditetapkan. Dalam konteks ini, target yang dimaksud adalah Tabungan BRI Junio Rencana. Salah satu strategi yang digunakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Jember dalam mencapai target nasabah produk tersebut adalah dengan menerapkan strategi bauran promosi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana implementasi bauran promosi (promotion mix) pada produk Tabungan BRI Junio Rencana di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Jember? 2. Bagaimana implikasi pengimplementasian bauran promosi (promotion mix) dalam mencapai target nasabah produk Tabungan BRI Junio Rencana di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi bauran promosi (promotion mix) pada produk Tabungan BRI Junio Rencana di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Jember. 2. Untuk mendeskripsikan implikasi dari pengimplementasian bauran promosi (promotion mix) dalam mencapai target nasabah pada produk Tabungan BRI Junio Rencana di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Jember.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1. PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Jember mengimplementasikan bauran promosi (promotion mix) pada produk Tabungan BRI Junio Rencana dengan menerapkan seluruh komponen bauran promosi (promotion mix). Periklanan dilakukan melalui banner dan postingan Instagram. Promosi penjualan melalui program tiket gratis Jatim Park dan pemberian cashback. Penjualan langsung melalui customer service dan website BRI, telepon dan surat. Penjualan personal dilakukan melalui tenaga penjualan dari funding officer. Hubungan masyarakat dilakukan dengan pemberian bantuan bencana kepada masyarakat Jember serta bekerja sama dengan instansi pemerintah. 2. Bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Jember pada produk Tabungan BRI Junio Rencana memiliki implikasi yang positif dalam tercapainya target nasabah.
Kata Kunci: Bauran Promosi, Nasabah, Tabungan BRI Junio Rencana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Yendi Irwanto |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 08:26 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 08:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9514 |
Actions (login required)
View Item |